Sukses

3 Buah yang Bantu Ibu Hamil Terbebas dari Sembelit

Apa saja buah yang bagus dikonsumsi untuk mengatasi sembelit ketika sedang hamil?

Liputan6.com, Jakarta Sembelit jadi salah satu hal yang umum dialami ibu selama masa kehamilan. Tak perlu khawatir, ada cara mudah mengatasinya, seperti mengonsumsi buah-buahan tertentu. Mommy Desi Damanis dari Babyologist membagikan pengalamannya berikut ini.

Selama hamil, hal yang membuat saya tidak nyaman adalah penyakit sembelit atau susah (BAB). Ternyata memang setelah saya konsultasi ke dokter kandungan ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil sembelit.

Faktor yang menyebabkan bumil sembelit

  • Faktor terjadinya peningkatan hormon progesteron
  • Faktor pembesaran rahim saat hamil sehingga menekan usus dan rektrum
  • Faktor kurang seratSehingga dokter saya menganjurkan wajib mengonsumsi buah yang mengandung tinggi serat saat hamil dan minum cukup air putih.

Apa saja buah yang bagus dikonsumsi untuk mengatasi sembelit ketika sedang hamil?

Buah yang baik dikonsumsi bumil untuk mengatasi sembelit

1. Mangga

Buah yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Moms karena memiliki serat tinggi yang dapat mengatasi sembelit. Selain itu mangga juga mengandung vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan untuk mencegah bayi mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

2. Alpukat

Alpukat mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Selain itu buah alpukat ini juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk membantu perkembangan saraf janin.

3. Pisang

Juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil karena mengandung vitamin, protein, asam folat dan serat.

Saran saya baiknya Moms mengonsumsi buah-buahan tersebut 30 menit sebelum makan nasi ya Moms.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Babyologist

Video Terkini