Sukses

Studi Ungkap Lagu Queen Ini Paling Bisa Bikin Orang Bahagia

Lagu Queen yang berjudul "Don't Stop Me Now" menjadi lagu yang paling membahagiakan

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki preferensinya masing-masing soal musik, termasuk bagaimana sebuah lagu bisa membuat dirinya bahagia. Namun, sebuah penelitian di tahun 2016 mengungkapkan bahwa lagu yang diciptakan band legendaris Queen yang berjudul "Don't Stop Me Now" menjadi lagu yang paling membahagiakan di seluruh dunia.

Mengutip Loudwire pada Kamis (21/2/2019), pakar neurosains kognitif dari University of Groningen di Belanda, Dr. Jacob Jolij menciptakan sebuah rumus untuk mengukur seberapa besar tingkat kebahagiaan yang muncul karena lagu tersebut. Formula itu adalah:

Rating = 60 + (0.00165 * BPM – 120)^2 + (4.376 * Major) + 0.78 * nChords – (Major * nChords)

Jika Anda bingung, sederhananya adalah rumus ini mengukur ketukan per menit, skala di mana lagu itu ditulis, dan berapa banyak kord yang digunakan. Jolij mengatakan, tiga faktor ini adalah komponen kunci agar lagu-lagu mampu menimbulkan kesan yang baik. Selain itu, lirik lagu juga dipertimbangkan untuk penelitian ini.

"Lagu yang menimbulkan perasaan bahagia sangatlah pribadi. Musik sangat terkait dengan ingatan dan emosi dan keterkaitan ini sangat menentukan apakah sebuah lagu akan membuat Anda berada dalam suasana hati yang baik atau tidak," kata Jolij pada Telegraph.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci membuat lagu bahagia

Selain itu, Jolij mengatakan ada beberapa kriteria utama yang perlu dipertimbangkan oleh pembuat lagu. Mereka adalah lirik, kunci, musik, dan tempo.

"Lirik bertema liburan secara alami mengingatkan kita akan saat-saat bahagia, sementara tiga kunci mayor musik terdengar gembira di telinga kita dan ini sesuatu yang kita kaitkan dengan kepercayaan diri," kata Jolij menambahkan.

"Kecepatan tinggi 150 bit per menit juga secara tidak sadar memicu energi," ujar peneliti yang menyelidik data dari preferensi musik warga Inggris dan lagu-lagunya favorit mereka.

"Kombinasikan tiga hal itu bersama-sama dan Anda akan mendapatkan formula untuk lagu membahagiakan yang sempurna," pungkasnya.

Selain "Don't Stop Me Now" dari Queen, studi ini mengungkapkan judul lain yang merupakan lagu-lagu yang bisa membahagiakan seseorang. Di tempat kedua ada "Dancing Queen" dari ABBA, diikuti oleh Beach Boys dengan "Good Vibrations".

Sementara lagu "Uptown Girl" dari Billy Joel berada di tempat keempat dan "Eye of the Tiger" dari Survivor berada di deretan kelima daftar lagu pembawa kebahagiaan di studi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.