Sukses

5 Dampak dari Pemasangan Kawat Gigi

Dampak dari pemakaian kawat gigi ini dapat dirasakan oleh pasien yang memang diharuskan, apalagi yang menggunakannya untuk gaya.

Liputan6.com, Jakarta Pemasangan kawat gigi pantang dilakukan sembarangan. Tidak semua permasalahan pada gigi dan mulut, harus diselesaikan dengan melakukan salah satu perawatan ortodontik ini.

Bila kawat gigi dipasangkan pada gigi pasien yang memang memerlukan, sudah pasti manfaat yang dia peroleh. Akan tetapi, ketika hal itu dilakukan hanya buat gaya-gayaan semata, tentu dampak yang didapatnya.

Dokter gigi dari situs Klik Dokter, Wiena Manggala Putri, mengatakan, penggunaan kawat gigi sejatinya ditujukan untuk merapikan gigi yang berantakan. Sehingga, pasien akan merasakan fungsinya.

Fungsi perawatan ortodontik di antaranya, untuk menutup celah lebar di antara gigi, menyelaraskan gigi geligi yang terlihat miring, meningkatkan kemampuan berbicara dan mengunyah, serta mengatasi yang tidak tepat.

"Namun, seperti perawatan lainnya, pemakaian kawat gigi tak hanya dapat memperbaiki struktur gigi sesuai keluhan, tapi diam-diam juga punya dampak negatif yang bisa muncul," kata Wiena dikutip Health Liputan6.com pada Jumat, 22 Februari 2019.

Untuk pasien yang memang dianjurkan memasang kawat gigi saja masih dapat merasakan dampaknya, apalagi yang memasangnya hanya buat gaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rasa Nyeri

Timbulnya rasa nyeri adalah efek samping umum yang sering terjadi saat melakukan perawatan ortodontik. Ketidaknyamanan ini ditandai oleh adanya tekanan, ketegangan, dan rasa sakit pada gigi.

Umumnya, rasa nyeri ini timbul pada hari kedua setelah pemasangan. Tak hanya itu, biasanya nyeri pada gigi depan lebih terasa dibandingkan gigi belakang.

Untuk itu, dokter gigi akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

 

3 dari 7 halaman

2. Resorpsi akar

Resorpsi akar juga umum terjadi selama pergerakan gigi dengan alat ortodontik. Resorpsi akar dapat melibatkan sejumlah gigi yang dianggap sebagai “konsekuensi” dari perawatan ortodontik.

Hal ini bisa makin parah jika pasien mengalami penyakit periodontal. Penyakit ini melemahkan tulang dan jaringan yang mengelilingi dan melindungi gigi, yang jika tidak ditangani tentunya dapat mengganggu dukungan penyangga gigi, sehingga pasien dapat kehilangan gigi tersebut. Risiko ini dapat meningkat dengan lamanya waktu perawatan.

 

4 dari 7 halaman

3. Perubahan Warna pada Gigi

Setelah melakukan perawatan ortodontik, perubahan warna pada gigi juga bisa terjadi. Ini merupakan salah satu dampak negatif yang dapat memengaruhi estetika pemakainya nanti. Kondisi ini terjadi terutama pada kawat gigi yang tidak bisa dilepas pasang.

 

5 dari 7 halaman

4. Penyakit periodontal

Komplikasi penyakit periodontal juga merupakan salah satu dampak negatif penggunaan kawat gigi yang tak jarang terjadi. Kondisi ini merupakan akibat dari pemeliharaan kebersihan mulut yang kurang baik.

Ini bisa saja disebabkan oleh sulitnya membersihkan bagian sela gigi atau yang dekat dengan kawat. Sehingga, sisa makanan masih tertinggal dan terjadilah akumulasi plak.

 

6 dari 7 halaman

5. Kerusakan gigi

Kerusakan gigi seperti lesi karies dapat meningkat pada pemakaian kawat gigi. Umumnya ditemukan sebagai lesi white spot. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan bakteri, terutama pada bagian yang sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini bisa makin parah apabila pemakaian kawat gigi terlalu lama, yang memungkinkan kerusakan gigi lebih besar.

Dampak negatif setelah melakukan perawatan ortodontik memang bisa terjadi, yang merupakan akibat dari banyak faktor. Mulai dari faktor yang berkaitan dengan pasien, dokter gigi, atau peralatan ortodontik itu sendiri.

 

7 dari 7 halaman

Saran Dokter

Namun, jangan khawatir, karena dampak negatif yang disebutkan di atas bisa dicegah melalui pemeriksaan dan perawatan yang tepat pada masing-masing kasus. Selain itu, kepatuhan pasien juga merupakan faktor yang berperan penting dalam kesuksesan perawatan dengan efek samping yang minimal.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan untuk mencegah dampak negatif dan terjadinya komplikasi, perawatan ortodontik seperti kawat gigi harus dilakukan oleh dokter gigi yang profesional atau spesialis. Ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan diagnosis atau berbagai risiko lainnya selama perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini