Sukses

Singkirkan 10 Pikiran Negatif Ini Bila Ingin Bahagia (2)

Liputan6.com, Jakarta Pikiran negatif bisa membuat kebahagiaan jadi sirna. Namun, bila Anda mampu mengubah persepektif, dari negatif jadi positif, otomatis perasaan bahagia dirasakan.

 

6. Aku tidak boleh merasa seperti ini

"Menghakimi diri sendiri atas emosi yang Anda rasakan itu seperti menghakimi diri sendiri untuk suhu tubuh Anda. Itu bukan sesuatu yang bisa Anda kendalikan," kata Tina Gilbertson, psikoterapis dan penulis Constructive Wallowing: How to Beat Bad Feelings by Letting Yourself Have Them.

"Kebanyakan orang berpikir bahwa kita dapat memilih emosi kita, tetapi jika Anda memikirkannya lagi, itu omong kosong. Jika kita dapat memilih perasaan kita, mengapa tidak semua orang bahagia sepanjang waktu?"

Abby Thompson, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi di California menambahkan bahwa perasaan dapat bertindak sebagai barometer untuk apa yang terjadi di dalam diri kita.

2 dari 3 halaman

7. Kenapa ini terjadi padaku?

Toni Coleman, seorang psikoterapis, pelatih hubungan dan mediator perceraian mengatakan pemikiran seperti ini harus dibuang karena membuat kita selalu memposisikan diri sebagai korban dari keadaan yang tidak adil, yang hanya memperkuat pandangan negatif kita terhadap dunia.

Ketika pemikiran ini muncul, Coleman menyarankan untuk berhenti berpikir sejenak dan mengganti pikiran negatif dengan sesuatu yang positif.

"Ganti saja dengan sesuatu yang positif, lebih baik lagi yang lucu, pikirkan dan berjalanlah lagi," kata Coleman.

8. Seandainya aku secantik/setampan dia

Kita semua punya kecenderungan untuk membandingkan diri sendiri dengan selebriti atau orang lain yang kita nilai memiliki penampilan lebih baik. Namun pikiran seperti ini bisa merusak prospek kita untuk berbahagia jika terus menerus dipupuk.

"Meskipun berolahraga dan makan makanan bergizi adalah ide yang baik, berharap tubuh kita terlihat berbeda secara dramatis sering kali merupakan cara untuk menunda-nunda menjalani kehidupan terbaik yang kita miliki saat ini," kata Thompson.

 

3 dari 3 halaman

9. Aku memang bodoh

Kalimat ini juga harus Anda jauhkan. Menurut Karen Donaldson, pakar komunikasi dan pelatih kepercayaan bersertifikat di Toronto, kebiasaan mencela diri sendiri dapat menghancurkan harga diri dan kepercayaan diri. Pikiran seperti ini perlahan membuat kita merasa tidak pernah cukup baik untuk segala hal.

Cobalah mengganti pikiran mencela diri sendiri dengan sesuatu yang lebih mendukung. Donaldson menyarankan untuk membuat daftar tiga hal positif yang bisa kita lakukan dengan sangat baik dan tiga hal yang paling kita sukai dari diri sendiri.

"Setiap kali pikiran untuk mencela diri sendiri muncul, gantilah dengan salah satu dari enam hal ini," katanya.

10. Aku tidak tahu bagaimana caranya

Rahasia untuk menyelesaikan tugas yang tampaknya mustahil adalah fokus pada apa yang kita ketahui saat ini, mengambil langkah demi langkah, dan belajar sambil jalan.

Mencoba menguasai dan memahami segalanya sebelum memutuskan untuk bergerak justru akan membuat Anda tidak bergerak maju selangkah pun.

 

Penulis: Tantri Setyorini/Merdeka.com

 

Saksikan juga video menarik berikut

Tempat Sauna Khusus Pria Terbakar, 2 Tewas

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Singkirkan 10 Pikiran Negatif Ini Bila Ingin Bahagia (1)
Artikel Selanjutnya
5 Trik Spesial Raih Bahagia Sepanjang 2019