Sukses

Cara Jitu Kurangi Keinginan Makan Junk Food

Bagi Anda yang sedang ingin makan junk food, coba cium dulu selama dua menit makanan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Menahan keinginan makan junk food itu tidak mudah. Apalagi, bagi mereka yang sedang menjaga atau menurunkan berat badan. Namun, studi terbaru mengungkapkan hanya dengan mencium aroma makanan tersebut bisa menurunkan selera makan. 

Dilansir dari Metro, berdasar penelitian terbaru, diketahui bahwa mencium bau burger atau pizza selama dua menit dapat menghilangkan keinginan kita untuk mengonsumsi makanan tersebut. diketahui bahwa wangi yang keluar dari pewangi ruangan dapat membuat aroma makanan menjadi berubah dan keinginan seseorang untuk mengonsumsi makanan berlemak dan bergula menjadi berkurang.

Dijelaskan oleh peneliti bahwa mencium aroma makanan selama dua menit dapat membantu melawan keinginan mengonsumsi junk food. Pasalnya, hidung manusia tidak membedakan dari mana asal aroma yang memanjakan hidung ini.

"Wangi-wangian dari ruangan dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk menolak godaan mengonsumsi makanan tak sehat," jelas Professor Dipayan Biswas, peneliti utama dari temuan ini.

"Faktanya, stimulus sensoris yang terselubung seperti aroma dapat lebih efektif dalam mempengaruhi pilihan makanan anak-anak dan orang dewasa dibanding membuat kebijakan yang membelenggu," sambungnya.

Temuan ini telah dipublikasikan pada Journal of Marketing Research. Diharapkan dari pengetahuan ini akan diproduksi pewangi ruangan dengan aroma makanan yang bisa mendorong orang untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

 

Pada temuan ini, Profesor Biswas dan rekan-rekannya memberi partisipan baik aroma masing-masing dari stroberi, apel, biskuit, atau pun pizza. Mereka yang mencium aroma makanan tak sehar kurang dari 30 detik cenderung lebih menginginkan makanan tersebut.

Namun ketika mereka mencium makanan tersebut selama lebih dari dua menit, keinginan mereka terhadap makanan tersebut jadi menghilang dan mereka jadi menginginkan buah.

Percobaan ini dilakukan terhadap remaja Amerika Serikat di kantin SMP dan supermarket. Hasil percobaan ini mematahkan pendapat sebelumnya yang menyebut bahwa hanya dengan mencium aroma makanan cepat saji atau gorengan saja dapat membuat kita menginginkannya.

Pendapat itu dipatahkan oleh penelitian ini dengan cara mencium makanan tersebut lebih dari dua menit dapat membuat keinginan terhadapnya menghilang.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.