Sukses

Demo Mahasiswa di Kawasan Istana Kepresidenan

3 Tips Libatkan Ayah Besarkan Anak Meski Sedang Berjauhan

Liputan6.com, Jakarta Menjalani perkawinan jarak jauh atau long distance marriage bukanlah hal mudah. Apalagi setelah buah hati lahir. Terpisah jarak ribuan kilometer dengan suami sambil membesarkan anak jadi tantangan tersendiri bagi Mommy Devina Anggraini dari Babyologist. Namun, ibu muda ini berhasil tetap melibatkan sang suami dalam tumbuh kembang anak mereka. Simak pengalamannya berikut ini.

Setelah melahirkan Arthur, saya menjalani LDM (Long Distance Marriage) dengan suami. Sedih rasanya ya Moms, sebagai new Mom harus berpisah sementara karena suami dinas di luar kota. Seiring dengan tumbuh kembang Arthur yang semakin besar, saya selalu melibatkan suami dalam pola asuh Arthur agar suami saya mendapatkan peran sebagai Ayah meskipun kami LDM.

Sebenarnya kalau anak masih bayi sampai usia dua tahun, belum terlalu merasa perlu kehadiran ayah, karena masih fokus ke ibunya. Jadi, kalau LDM saat anak-anak baru usia 2 tahun ke bawah masih adem-ayem.

Tips Menciptakan Peran Ayah Saat LDM

1. Buat anak merasa bahwa ayah terlibat dalam pengasuhan dan pendidikan baginya

Beri ayah kesempatan untuk memutuskan hal-hal besar terkait dengan pengasuhan dan pendidikan anak, serta buat anak mengetahui bahwa keputusan tersebut berasal dari ayahnya. Misalnya saya mengajak Arthur untuk menelepon Papanya dan mengajak Arthur meminta izin kepada Papa untuk pergi jalan-jalan sama Mama. (Ini contoh kecil yang saya ajarkan kepada Arthur untuk selalu meminta izin kepada Papanya).

2. Selalu menyebut sikap Ayah dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya saya selalu bilang ke Arthur kalau Papanya tidak suka Arthur memukul atau melemparkan barang. Misalnya dengan saya bilang seperti ini: "Arthur, ingat kata Papa kan, Arthur harus jadi anak baik. Papa tidak suka kalau Arthur lempar mainan seperti itu. Ayo diambil mainannya ya". Dengan berbicara seperti itu, Arthur akan selalu ingat pesan dan kata-kata dari Papanya.

3. Sebelum tidur selalu mengajak Arthur untuk melakukan Video Call dengan Papanya dan bercerita tentang kegiatan hari ini.

Biasanya Arthur belum bisa tidur kalau belum video call sama Papanya.Demikian tips menghadirkan sosok Ayah meskipun LDM versi saya Moms.

 

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kenalkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan