Sukses

Berat Badan Turun Puluhan Kg dalam Setahun, Sehatkah?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa figur publik berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram. Misalnya penyiar Kemal Mochtar yang sukses turunkan berat badan hingga 55 kg dalam setahun, lalu yang terakhir adalah pemain sinetron Ricky Cuaca yang sukses menurunkan 38 kg.

Penampilan keduanya, baik Kemal maupun Ricky makin langsing. Pipi chubby mereka pun sirna terlihat.

Kerja keras kedua figur publik ini pun menginspirasi banyak orang yang kelebihan berat badan untuk melakukan hal yang sama.

Lalu, sehatkah menurunkan berat badan hingga puluhan kg dalam hitungan satu tahun? Menurut dokter spesialis gizi klinik, Diana Sunardi, mengatakan bahwa saat menurunkan berat badan terbaik antara 0,5 - 1 kg per minggu.

"Untuk 38 kg berarti antara 38 minggu - 76 minggu (sekitar 9,5 - 19 bulan)," kata Diana dalam pesan teks kepada Health-Liputan6.com ditulis Kamis (10/1/2019).

Diana pun menyarankan untuk tidak menurunkan berat badan melebihi angka tersebut. Bila berat badan turun terlalu cepat malah merugikan organ-organ tubuh kita.

"Efeknya organ organ tubuh dapat terbebani karena terjadi penghancuran otot/lemak yang terlalu besar secara mendadak," kata wanita yang juga Staf Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo ini. 

2 dari 2 halaman

Konsultasikan ke dokter

Bila Anda ingin menurunkan berat badan apalagi dalam jumlah yang besar pertama-tama harus berkonsultasi ke dokter. Oleh tenaga profesional yang pakar di bidangnya, Anda tak cuma dibantu untuk memiliki berat badan ideal tapi juga sehat.

"Kalau mau diet, mau turun berat badan bagus, bonus sehat tolonglah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi klinik di sekitar Anda," kata dokter spesialis gizi klinik Cindiawaty Pudjiadi saat diwawancarai beberapa saat lalu.

Hal ini Cindi sampaikan mengingat asupan makan yang perlu dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan berbeda-beda. Seberapa banyak karbohidrat, protein, atau lemak yang perlu diturunkan tidak sama pada setiap orang.

Selain mengatur makanan yang masuk ke tubuh, baik Diana dan Cindi sama-sama juga menyarankan untuk berolahraga saat menurunkan berat badan,Cindi menyarankan olahraga sekita 3-5 kali seminggu masing-masing sekitar 30-60 menit.

"Bisa jalan cepat, jogging, atau apapun yang disukai. Jalan di mal juga bisa. Lalu, didukung dengan angkat beban," pesannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

Polisi Menjaga Ketat LP Gunung Sindur

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sukses Turunkan Berat Badan, Arya Si Bocah Obesitas Ingin Perkuat Timnas
Artikel Selanjutnya
Rajin Olahraga Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ini 5 Penyebabnya