Sukses

Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma Bisa Sebabkan Meningitis?

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma masuk salah satu kanker yang banyak diidap di Indonesia. Bahkan masuk 10 kanker yang jumlahnya terbanyak di Indonesia. Lalu, apakah benar kanker getah bening bisa memicu meningitis?

Konsutan hematologi onkologi medik, dokter Ronald A. Hukom menjelaskan bahwa sel kanker bisa saja menyebar ke berbagai organ tubuh. Ketika penyebaran sel tumor mencapai ke selaput otak, pasien tersebut memperlihatkan gejala seperti mengalami peradangan selaput otak atau meningitis.

"Sel tumor lainnya, bukan hanya kanker kelenjar getah bening, bila menyebar ke selaput otak, bisa saja gejalanya seperti meningitis," kata dokter Ronald Hukom dalam pesan teks dengan Health-Liputan6.com pada Selasa (8/1/2019).

Gejala awal meningitis mirip infeksi virus biasa, seperti demam tinggi. Selain itu, sering mengeluh adanya sakit kepala, adanya kekakuan pada leher, penurunan kesadaran, muntah, dan kejang.

Untuk menentukan pasien kanker tersebut mengalami meningitis atau gejala meningitis akibat penyebaran sel kanker ke selaput otak, dokter perlu melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Periksa biopsi/situlogi semua daerah dicurigai, apa ada sel tumor di situ karena sel kanker bisa menyebar ke berbagai organ (termasuk selaput otak)," kata Ronald.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Sandi Janji Atasi Utang Emak-Emak Rumah Tangga

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Survivor Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Jatuh Sakit karena Penyakit Lain
Artikel Selanjutnya
10 Fakta Limfoma, Kanker Kelenjar Getah Bening yang Pernah Dialami Ustaz Arifin Ilham