Sukses

Surat George HW Bush untuk Bill Clinton

Liputan6.com, Amerika Serikat Surat yang ditulis mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush viral di media sosial. George menulis surat itu untuk penerusnya, Bill Clinton. Surat itu ditemukan Clinton di atas meja kerjanya saat resmi menempati Gedung Putih.

George HW Bush meninggalkan sepucuk surat untuk Clinton di Oval Office pada Hari Pelantikan Clinton sebagai presiden AS ke-42, 1993 silam.

Sesuai dikutip dari Snopes, Minggu (2/12/2018), pada buku autobiografi All The Best, George Bush: My Life in Letters and Other Writings, George HW Bush memang menulis tentang dirinya meninggalkan catatan untuk Bill Clinton.

"And so time goes on and I’m sitting here now alone, the desk is clear and the pictures are gone. I leave a note on the desk for Bill Clinton. It looks a little lonely sitting there. I don’t want to be overly dramatic, but I did want him to know that I would be rooting for him."

(Waktu terus berjalan dan saya duduk di sini sekarang sendirian, meja kerja sudah kosong dan foto-foto tidak ada. Saya meninggalkan sepucuk surat  di meja untuk Bill Clinton. Surat itu terlihat sedikit kesepian berada di sana sendirian. Saya tidak ingin terlalu dramatis, tetapi saya ingin dia (Bill Clinton) tahu, bahwa saya akan mendukungnya," tulis George HW Bush.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Isi surat

Isi surat George HW Bush untuk Bill Clinton berbunyi:

Dear Bill,

When I walked into this office just now I felt the same sense of wonder and respect that I felt four years ago. I know you will feel that, too.

I wish you great happiness here. I never felt the loneliness some Presidents have described.

There will be very tough times, made even more difficult by criticism you may not think is fair. I’m not a very good one to give advice; but just don’t let the critics discourage you or push you off course.

You will be our President when you read this note. I wish you well. I wish your family well.

Your success now is our country’s success. I am rooting hard for you.

Good luck—

George

 

(Untuk Bill,

Saya baru saja masuk ke kantor ini, dan saya merasakan sensasi ingin tahu dan hormat yang sama seperti yang saya rasakan empat tahun lalu. Saya tahu Anda akan merasakan itu juga.

Saya berharap Anda sangat bahagia di sini. Saya tidak pernah merasakan kesepian yang digambarkan beberapa presiden.

Akan ada masa-masa yang sangat sulit, bahkan lebih sulit dengan adanya kritik yang mungkin Anda anggap tidak adil. Saya bukan orang yang tepat untuk memberi nasihat, tetapi jangan biarkan kritik itu membuat Anda putus asa atau tertekan.

Saat Anda membaca surat ini tentunya Anda telah resmi menjadi Presiden kami. Saya doakan yang terbaik bagi Anda. Saya juga doakan yang terbaik bagi keluarga Anda.

Keberhasilan Anda sekarang adalah keberhasilan negara kami. Saya dukung Anda sepenuhnya.

Semoga sukses ---

George)

 

Dilansir dari Huffington Post, surat itu pada awalnya diunggah pertama kali di media sosial pada September 2017 melalui akun Twitter Michael Beschloss. Ia adalah penulis buku PRESIDENTS OF WAR (Crown).

Surat untuk Bill Clinton ini kembali menjadi perbincangan warganet setelah kematian George HW Bush. Bush Senior meninggal pada Jumat, 30 November 2018 pada usia 94 tahun.

Loading