Sukses

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri, Tanpa Obat dan Mudah Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Ketika sakit kepala sebelah kiri menyerang, aktivitas sehari-hari kamu pastinya akan terganggu. Agar rasa sakit kepalamu teratasi dengan tepat, maka kamu harus mengetahui penyebab yang mendasarinya dan bagaimana cara tepat mengatasinya.

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa hal. Biasanya sakit kepala sebelah kiri dapat pulih dalam beberapa jam dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika rasa sakit yang dirasakan intens atau tidak segera hilang, sebaiknya kunjungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Penyebab sakit kepala sebelah kiri beragam, mulai dari faktor gaya hidup seperti sering menunda makan hingga penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak sesuai dengan aturan. Berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah kiri yang wajib kamu tahu.

2 dari 3 halaman

Penyebab sakit kepala

1. Faktor gaya hidup

Tanpa disadari, kebiasaanmu sehari-hari bisa menyebabkan sakit kepala muncul hanya di sebelah kiri. Beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu sakit kepala sebelah kiri meliputi:

Minum minuman keras secara berlebihan

Makan tidak teratur

Kurang tidur

Makanan sehari-hari

Stres

2. Infeksi atau alergi

Infeksi umum seperti pilek dan flu atau sinus bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Reaksi alergi juga bisa menyebabkan beberapa orang mengalami sakit kepala sebelah. Ini terjadi karena saluran sinus menyempit saat kamu mengalami infeksi atau alergi, yang membuat kepala sakit.

3. Terlalu sering minum obat pereda nyeri

Meski tujuan awalnya adalah mengobati sakit kepala, obat pereda nyeri seperti (aspirin, ibuprofen, naproxen, dan paracetamol) yang biasa kamu minum justru dapat membuat gejala sakit kepala semakin parah. Terutama jika kamu mengonsumsi obat pereda nyeri tersebut dalam dosis yang berlebihan dan dikonsumsi lebih dari 2-3 hari perminggu. Bahkan, sakit kepalamu akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya.

4. Gangguan saraf

Dalam banyak kasus, sakit kepala sebelah kiri juga bisa disebabkan karena adanya masalah saraf. Berikut ini beberapa masalah saraf yang bisa menyebabkan sakit kepala:

Neuralgia occipital

Giant cell arteritis

Trigeminal neuralgia

5. Penyebab lainnya

Sakit kepala sebalah kiri juga terjadi akibat:

Tekanan yang terlalu kuat di kepala. Menggunakan helm atau pelindung kepala yang terlalu ketat dan kuat dapat memberi tekanan pada satu atau kedua sisi kepala. Hal inilah yang memungkinkan rasa sakit di kepala bagian kiri muncul.

Cedera. Pukulan keras di kepala akibat kecelakaan atau terjatuh dapat menyebabkan cedera otak traumatis. Bahkan, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan kamu mengalami gegar otak. Biasanya gegar otak memunculkan gejala seperti sakit kepala yang intens, kebingungan, mual dan muntah.

Glaukoma. Peningkatan tekanan dalam bola mata bisa memunculkan gejala sakit kepala sebelah kiri yang luar biasa nyeri. Meski begitu, sakit kepala kadang bisa juga terjadi di kedua sisi.

Tekanan darah tinggi. Biasanya, tekanan darah tinggi alias penyakit hipertensi tidak menyebabkan gejala. Namun bagi beberapa orang, sakit kepala yang intens bisa jadi pertanda jika mereka mengalami hipertensi berat.

Tumor otak. Salah satu gejala awal dari tumor otak adalah sakit kepala luar biasa yang terjadi tiba-tiba. Biasanya akan diiringi dengan gejala lain seperti penglihatan kabur, masalah bicara, kebingungan, dan sulit berjalan.

Stroke. Pembekuan darah dapat menghambat sirkulasi darah ke otak dan menyebabkan stroke. Pendarahan yang terjadi di dalam otak juga bisa menyebabkan stroke. Nah, sakit kepala tiba-tiba dan intens adalah salah satu tanda peringatan adanya stroke.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Setelah mengetahui penyebab dari sakit kepala sebelah, sebaiknya sebelum minum obat kamu bisa mengatasinya dengan cara sederhana. Berikut cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/11/2018).

1. Rebahan

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan melakukan rebahan. Saat sakit kepala menyerang, segeralah cari tempat untuk rebahan atau sekadar duduk. Usahakan kamu beristirahat di ruangan yang tenang dan terhindar dari kebisingan. Cobalah untuk tenangkan diri dan lemaskan bagian kepala serta pundakmu.

2. Atur napas

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan mengatur napas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, stres adalah salah satu faktor pemicu sakit kepala. Salah satu cara efektif untuk meredakan stres adalah dengan mengambil napas dalam-dalam.

Untuk memulai, duduk tenang di tempat yang sepi dan nyaman. Tutup matamu dan ambil napas melalui hidung. Kemudian, hirup dalam-dalam untuk dua hitungan. Tahan napas dalam satu hitungan, lalu buang napas perlahan, dalam empat hitungan. Lakukan cara hingga sakit kepalamu berangsur-angsur menghilang.

3. Pijat kepala pelan-pelan

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan melakukan pijat kepala pelan-pelan. Kamu bisa coba memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jarimu. Berikan pijatan ringan dengan konstan selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Ulangi lagi sampai kamu merasa sakit berkurang.

4. Lakukan peregangan sederhana

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri bisa dengan melakukan peregangan sederhana. Menegangnya otot di bagian pundak dan leher juga bisa sebabkan sakit kepala sebelah kiri. Biasanya hal tersebut dikarenakan kamu terlalu lama pada posisi duduk tertentu.

Di sela-sela kesibukkan, sempatkanlah untuk melakuan peregangan selama beberapa menit. Misalnya, kamu bisa mencoba dengan menekuk kepala ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagumu menyentuh dada. Kamu bisa ulangi kembali ke sisi yang berlawanan.

5. Banyak minum air putih

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan banyak minum air putih. Banyak orang yang abai tentang manfaat minum air putih. Padahal, salah satu manfaat kebiasaan ini bisa mengurangi risiko kamu terkena dehidrasi, yang umumnya ditandai dengan sakit kepala.

6. Jauhi gadget untuk sementara waktu

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri lainnya adalah dengan menjauhi gadget untuk sementara waktu. Jika pekerjaan mengharuskan kamu menatap layar komputer lebih sering, berikan kesempatan mata untuk beristirahat sekitar 10 menit per jam. Kamu bisa berjalan-jalan, ngobrol dengan teman, dan membaca majalah atau buku. Kamu juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi selama berada di depan layar komputer.

7. Pakai minyak esensial

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan minyak esensial. Minyak esensial dipercaya dapat membantu mengobati kondisi tertentu, seperti sakit kepala atau migrain. Jenis minyak yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda. Minyak esensial juga memberikan manfaat tanpa daftar panjang efek samping yang dapat menyertai resep obat sakit kepala dan migrain.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, di antaranya minyak lavender, pappermint, rosemary, kayu putih, dan lain sebagainya.

8. Kompres dingin atau hangat

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri lainnya dengan melakukan kompres. Kamu bisa melakukan teknik kompres dingin dan kompres panas. Cobalah mengompres bagian kening dan belakang leher menggunakan lap hangat, ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengompres bagian tersebut dengan kompres dingin. Efek dingin ini akan mengecilkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengecil, tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Atasi Migrain Tanpa Obat
Artikel Selanjutnya
Penyebab Kacamata Baru Bikin Sakit Kepala