Sukses

17 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Tidak Perih

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah.

Liputan6.com, Jakarta Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.  Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan. Tak hanya membuat kita susah makan tetapi sariawan juga menimbulkan nyeri saat berbicara. Tak heran berbagai cara mengobatai sariawan dengan cepat dan tidak perih dilakukan oleh orang yang menderita sakit ini. 

Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular. Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10 persen dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria. 

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Meski mereka dapat hilang sendiri setelah beberapa hari, ada baiknya menerapkan  cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih untuk mempercepat proses pemulihan dan mencegah infeksi. Selain itu cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih tanpa obat ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan lho.

Bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih tanpa menggunakan obat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Madu

Madu adalah salah satu obat sariawan yang manjur. Bahkan madu merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir.

Cara menggunakan madu sangat mudah, kalian cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

 

3 dari 16 halaman

2. Lidah Buaya

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

4 dari 16 halaman

3. Tea Tree Oil

Minyak tea tree dikenal dengan kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang baik untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak tea tree dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan tea tree oil cukup mudah, teteskan tea tree oil ke air hangat. Lalu kumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan membaik.

 

5 dari 16 halaman

4. Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan 

6 dari 16 halaman

5. Kunyit

Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih adalah dengan  mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari. 

 

7 dari 16 halaman

6. Daun Seledri

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan daun seledri. Ambil beberapa daun seledri dan hancurkan. Setelah hancur, oleskan daun seledri pada bagian yang luka.

 

8 dari 16 halaman

7. Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang, daun, buah, serabut dan lainnya. Berbagai produksi kelapa pun seperti minyak dan santannya dianggap mampu menyembuhkan sariawan. Kelapa juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan kelapa adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

 

9 dari 16 halaman

8. Air Garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih lainnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut. Jadi bumbu dapur ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur. Lalu bilas dengan minum air putih. Lakukan pengobatan ini sampai sariawan terlihat mengempis. 

10 dari 16 halaman

9. Kantong Teh

Kantong teh mengandung asam tanin yang mengandung anti virus yang bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Berkat kandungan tersebut kantong teh merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Kantong teh juga bersifat basa yang dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam. Tujuannya agar tidak memperburuk rasa sakit sariawan tersebut.

Kamu cukup menggunakan kantong teh bekas. Tempelkan kantong teh tersebut pada luka sariawan kalian sekitar lima menit.

 

11 dari 16 halaman

10. Plain Yogurt

Tahukah kamu jika yogurt merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih? Kamu harus menggunakan plain yogurt tanpa pemanis atau pun perasa. 

Meminum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka.

 

12 dari 16 halaman

11. Es Batu

Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan.

Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

 

 

13 dari 16 halaman

12. Jus Cranberry

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus cranberry. Sebelum makan, tak ada salahnya untuk kamu minum jus cranberry. Sebab cranberry mampu menghilangkan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat.

13. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang besar. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih bisa memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah setidaknya 3-4 kali sehari bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan secara alami.

 

14 dari 16 halaman

14. Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih adalah dengan mengonsumsi pisang. Rupanya buah berwarna kuning ini dapat membantu menyembuhkan sariawan, lho. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu. 

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan pisang, adalah  haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah selesai kumur hingga bersih. Lkukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

15 dari 16 halaman

15. Daun Basil

Ingin cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih? Kunyah saja daun basil sebab daun ini mengandung banyak sifat obat. 

16. Daun kemangi

Mengunyah daun kemangi merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Ambilah beberapa daun kemangi kemudian kunyah setelah itu baru berkumur. Tindakan ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam sehari hingga sariawan sembuh.

 

16 dari 16 halaman

17. Biji Jeruk Bali

Ekstrak alami yang didapat dari biji jeruk bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman yang memprovokasi infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan dan mencegah bau saat sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan biji jeruk bali adalah menambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke secangkir air hangat. Gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Ulangi perawatan ini hingga tiga kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.