Sukses

Mengejan Lebih Awal, Cegah Perdarahan Saat Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Mengejan lebih awal selama melahirkan ternyata tidak menyebabkan ibu berisiko alami perdarahan dan kemungkinan operasi caesar. Hal ini justru akan menyelamatkan ibu dan bayi agar proses persalinan berjalan lancar.

Temuan itu berdasarkan laporan penelitian terhadap 2.400 ibu yang baru pertama kali mengejan lebih cepat. Mereka tidak berisiko lakukan operasi caesar. Kemungkinan perdarahan dan infeksi juga lebih rendah.

"Teori di balik menunda mengejan adalah saat ibu menunda, rahim terus berkontraksi dan mungkin melakukan beberapa proses sendiri untuk mengeluarkan bayi," kata Chief of Maternal-Fetal Medicine of Washington University School of Medicine di St. Louis, Alison Cahill, dikutip dari CBS News, Kamis (8/11/2018).

Studi menunjukkan tak ada perbedaan signifikan bila para ibu mengejan lebih cepat atau menunda mengejan selama satu jam saat proses melahirkan.

Hasil penelitian ibu yang mengejan lebih awal, 40 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami perdarahan dibandingkan wanita yang menunda mengejan. Mereka juga 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk alami infeksi.

 

 

2 dari 2 halaman

Kurangi operasi caesar

Menurut Cahill, mengejan secara alami dimulai selama tahap bukaan kedua. Ini terjadi saat serviks (leher rahim) melebar. Tetapi karena kebanyakan wanita mendapatkan obat penghilang rasa sakit sementara selama persalinan, dorongan untuk mengejan tidak dirasakan.

Pada titik ini, dokter menyarankan segera mengejan seiring berjalannya kontraksi atau menunda mengejan, lalu membiarkan janin keluar secara spontan.

Laporan soal mengejan ini diterbitkan 9 Oktober 2018 di Journal of American Medical Association. Dana Gossett, profesor kebidanan dan ginekologi di University of California, San Francisco memberikan tanggapan.

"Di Amerika Serikat, kami mencoba mencari cara untuk mengurangi tingkat operasi caesar, yang telah meningkat secara dramatis selama 50 tahun terakhir," ujar Dana.

Operasi caesar berdampak buruk untuk ibu dan bayi, juga, menurut Gossett. Standar terbaru telah memungkinkan wanita untuk mengejan lebih lama untuk persalinan normal sehingga tidak langsung diputuskan menjalani operasi caesar.

"Masih tidak jelas, apakah mengejan lebih awal aman untuk ibu atau bayi," katanya.

Studi ini jelas menunjukkan manfaat mengejan lebih awal.

Artikel Selanjutnya
Bayi Paling Sering Lahir di Jam-Jam Ini
Artikel Selanjutnya
Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengejan Saat Melahirkan?