Sukses

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengejan Saat Melahirkan?

Saat melahirkan, ibu harus mendiskusikan kapan waktu terbaik untuk mengejan

 

Liputan6.com, Jakarta Mengejan atau mendorong agar janin bisa keluar dari rahim harus di waktu yang tepat. Untuk itu, para wanita yang mau melahirkan, harus mendiskusikan ke dokter kapan harus melakukannya?

Lalu kapan waktu yang tepat bagi ibu untuk mengejan agar bayi bisa lahir dengan mudah? Untuk mengetahuinya penelitian dilakukan tim dari Department of Obstetrics, Gynecology, and Reproductive Sciences, University of California, San Francisco.

Penelitian ini melibatkan sekitar 2.400 wanita yang diberi epidural. Semua wanita melahirkan untuk pertama kalinya. Sekitar setengah dari wanita dalam penelitian ini mulai mendorong segera setelah dilatasi, dan sisanya menunggu setidaknya satu jam. Secara statistik, tidak ada banyak perbedaan di antara kelompok-kelompok itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendorong Janin

Peneliti juga menemukan kecenderungan. Diketahui para ibu yang menunda mendorong memiliki tingkat perdarahan dan infeksi yang sedikit lebih tinggi. Dr. Jeffrey D. Sperling dan Dr. Dana R. Gossett dari University of California, San Francisco, mengatakan penelitian ini memberi lebih banyak konteks untuk risiko dan manfaat dari penundaan mendorong.

Tim peneliti mengungkap, menunda mendorong tidak mengurangi risiko kelahiran sesar. Untuk membuat proses persalinan lebih efektif, mereka juga merekomendasikan International Society of Ultrasound terbaru dalam pedoman Obstetri dan Ginekologi untuk menggunakan alat ultrasonografi selama persalinan.

"Alat USG dapat membantu mengukur posisi bayi dengan lebih baik untuk menilai kelaikan vagina demi persalinan lebih baik. Hal ini juga bisa memberi para dokter kondisi penting untuk menentukan kapan seorang ibu harus mulai mendorong," tulis penelitian tersebut dikutip dari Healthline pada Selasa, 16 Oktober 2018.

 

3 dari 3 halaman

Kapan yang Efektif?

Selama ini ada dua pendekatan terkait kapan ibu mulai mendorong atau mengejan saat persalinan. Pendekatan pertama adalah ketika kondisi bukaan sudah penuh atau 10 cm. Lalu kedua, menunda mengejan untuk membiarkan janin keluar secara spontan.

Kondisi ini rupanya berbeda-beda tiap individu. Untuk itu, berkomunikasi dengan dokter selama persalinan sangat dibutuhkan agar ibu bisa mendorong dengan efektif dan bayi pun lahir dengan sehat.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.