Sukses

7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel dengan Bahan Alami, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Jerawat batu atau cystic acne adalah jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas luka. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori.

Jerawat ini menimbulkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu terdapat pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Kondisi berjerawat ini sungguh terasa sangat menyiksa. Kehadiran jerawat batu juga membuat percaya diri menurun karena ukurannya lebih besar dari jenis jerawat lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat batu.

Lalu apa sih penyebab munculnya jerawat batu? Hormon androgen dipercaya memiliki peranan penting dalam munculnya jerawat batu. Peningkatan hormon ini bisa memicu produksi minyak dan memperbesar risiko tersumbatnya pori-pori, penumpukan bakteri di kulit wajah, serta menimbulkan jerawat. Bakteri yang masuk ke pori-pori dapat menyebabkan area sekitar kulit menjadi meradang, merah dan bengkak. Kondisi ini lebih sering dialami oleh remaja hingga berusia sekitar 20 tahun.

Nah, selain bisa dihilangkan dengan menggunakan obat, cara menghilangkan jerawat batu juga bisa dilakukan dengan bahan alami yang mudah ditemukan lho. Menariknya lagi perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mudah dan murah deh. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018), cara menghilangkan jerawat batu yang membandel dengan bahan alami.

2 dari 8 halaman

1. Masker madu

Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

3 dari 8 halaman

2. Baking soda

Bahan dasar yang biasanya dipakai untuk membuat kue ini dinilai efektif sebagai cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya. Caranya, cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna

4 dari 8 halaman

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih, ada beberapa cara. Cara pertama, siapkan 3 siung bawang putih. Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus. Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.

Cara kedua, ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya. Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.

5 dari 8 halaman

4. Lidah buaya

Tumbuhan lidah buaya atau aloe vera umumnya dikenal sangat baik untuk perawatan rambut. Kandungan antioksidan, mineral, vitamin C, dan E dalam lidah buaya ternyata bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu.

Pertama kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara menghilangkan jerawat batu secara alami.

6 dari 8 halaman

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Jeruk nipis memiliki kandungan untuk membunuh bakteri yang ada dikulit wajah, dipercaya jerawat yang membandel pun mampu dihilangkan memakai jeruk nipis.

Cara memakainya, siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajah anda. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

7 dari 8 halaman

6. Putih telur

Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan putih telur, pertama siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

7. Cuka apel

Selain digunakan untuk bahan minuman. Cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan wajah dan cara menghilangkan jerawat batu. Cuka apel ini mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk perawatan kulit berjerawat. Cara penggunaan, bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.