Sukses

Perselingkuhan Orangtua Hancurkan Mental Anak

Ini yang terjadi pada anak jika orangtuanya berselingkuh

 

Liputan6.com, Jakarta Tinggal dan tumbuh dengan orangtua yang saling setia dan bertanggung jawab merupakan kondisi yang sangat dibutuhkan anak. Kestabilan rumah tangga orangtua begitu besar dampaknya bagi perkembangan psikologis dan mental buah hati.

Sayangnya, tak semua rumah tangga bisa berjalan dengan baik. Salah satunya penyebabnya adalah perselingkuhan. Saat hubungan ayah dan ibu retak hingga bercerai karena perselingkuhan, anak sangat berisiko mengalami masalah psikologis.

Apa saja? Dikutip dari Brightside, hal pertama yang sangat mungkin dialami anak adalah menyalahkan diri sendiri ketika orangtua berpisah. Anak belum memiliki kematangan emosi yang cukup untuk mencerna apa yang sedang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat Anak Melihat Orangtuanya Bertengkar

Saat mereka melihat orangtuanya bertengkar, apalagi jika dipicu karena dirinya, anak akan dengan mudah menyalahkan diri sendiri. Anak pun bisa merasa tak pantas dicintai, kehilangan kepercayaan diri.

Efek lainnya, menurut Judith Wallerstein dalam bukunya, The Unexpected Legacy of Divorce, di kemudian hari anak akan berisiko mengalami masalah kepercayaan pada orang lain. Saat mereka dewasa dan memulai hubungan personal, masalah ini akan sangat mempersulitnya untuk membina hubungan.

Pengkhianatan orangtua, apalagi hingga membuat anak menjadi tak lagi bertemu dengan orangtuanya memang menimbulkan luka yang mendalam. Ada yang bisa mengatasinya dengan baik, namun ada juga yang membutuhkan waktu lama.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.