Sukses

Waspada, Kenali Tanda Kanker Payudara Stadium 1

Meski tumbuh dan berkembang di jaringan payudara, sel kanker ini bisa menyebar ke bagian lain tubuh dan meningkatkan risiko kematian

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara tercatat sebagai salah satu penyebab terbesar kematian pada wanita. Tapi, risiko kanker payudara tak hanya mengintai wanita saja. Kanker payudara juga bisa diidap oleh pria.

Meski tumbuh dan berkembang di jaringan payudara, sel kanker ini bisa menyebar ke bagian lain tubuh dan meningkatkan risiko kematian. Baiknya, kenali tanda awal kanker payudara stadium 1 sebelum terlambat.

Penyebab Kanker Payudara

Melansir dari laman prevention.com, sejauh ini kanker payudara belum diketahui penyebab pastinya. Faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat dan stres dipercaya bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Agar bisa terhindar dari risiko kanker payudara, cara paling mudah yang bisa dilakukan akan menerapkan pola hidup sehat. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala kanker payudara

Gejala Kanker Payudara

Ketahui juga gejala kanker payudara di stadium awal agar kanker ini bisa diatasi sedini mungkin. Adapun gejala kanker payudara antara lain adalah munculnya benjolan di payudara, warna kulit payudara yang berubah menjadi seperti kulit buah jeruk, puting terasa sakit, muncul benjolan di ketiak, punggung terasa sangat sakit, tangan kesemutan dan nyeri hebat tanpa penyebab jelas dan perubahan berat badan secara signifikan.

Pencegahan Kanker Payudara

Untuk mencegah risiko kanker payudara, usahakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali. Tidak merasa tidak nyaman dengan payudara kamu, segera konsultasikan hal ini dengan dokter ahlinya.

Usahakan untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat demi terhindar dari risiko kanker payudara. Miliki istirahat dan olahraga cukup setiap hari. Perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan seperti sayur dan buah demi menangkal tumbuhnya sel kanker di tubuh.

 

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.