Sukses

Bahaya Terlalu Banyak Hiasan di Kamar Anak dengan Asma

Orangtua perlu memerhatikan dekorasi kamar anak dengan riwayat asma dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua perlu memerhatikan dekorasi kamar anak agar tidak memicu asma. Pastikan, anak dengan riwayat asma memiliki kamar yang bersih dari debu dan tak terlalu banyak hiasan atau gantungan. 

Saat ditemui di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta, dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo menerangkan, dekorasi kamar yang clean itu artinya tidak boleh banyak gantungan pakaian.

"Pada prinsipnya kita mengurangi alergen (pemicu alergi) yang menempel di gantungan," ucap Ariani, ditulis Jumat (28/9/2018).

Salah satu alergen yakni tungau debu rumah perlu diwaspadai. Tungau debu rumah biasanya bersembunyi di kasur, seprai, gorden, dan tumpukan barang.

Oleh karena itu, upayakan membuat kamar anak tetap clean dan terjaga kebersihannya. Sehingga, asma pada anak tidak tercetus.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan banyak rak

Buku dan barang-barang lain yang ditaruh di rak akan mudah berdebu. Kemudian, tungau debu rumah akan bersarang dengan mudah.

"Jangan banyak rak karena tidak bisa dibersihkan. Banyak sudut yang sempit di rak. Jadi, tidak banyak diakses (tidak mudah dibersihkan)," Ariani melanjutkan.

"Biasanya ngepelnya kan di luarnya saja. Jarang kita angkat barang di rak dan bersihkan sampai ke dalam-dalamnya. Intinya, (dekorasi) harus clean," ujar Ariani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.