Sukses

4 Langkah Simpan Bumbu Rempah agar Lebih Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Bumbu rempah yang kaya cita rasa terbukti mampu membuat masakan Indonesia begitu menggugah selera. Tapi, ketika bicara soal bumbu rempah, menyimpan bahan-bahan ini perlu penanganan tersendiri agar awet dan tak berubah rasa. Bagaimana caranya?

1. Simpan bumbu rempah ke wadah plastik atau toples yang bersih. Letakkan wadah tersebut di tempat yang sejuk dan kering serta tidak terkena sinar matahari langsung. Rempah yang terkena sinar matahari, ini akan membuat kesegaran dan kualitasnya menurun.

2. Sebelum menyimpan bumbu rempah, pastikan untuk mencuci rempah terlebih dahulu. Rempah seperti kunyit, jahe, kencur, lengkuas dan sejenisnya umumnya akan kotor oleh tanah atau debu. Setelah dicuci bersih, jemur sebentar rempah hingga sisa air cucian hilang. Jika rempah ini sudah bersih dan bebas dari air, kita bisa mulai menyimpannya.

3. Meski bumbu rempah disimpan di tempat yang sejuk, hindari menyimpan rempah ini di tempat yang terlalu lembab. Rempah-rempah yang disimpan di tempat lembab akan rentan tumbuh tunas.

4. Jika ingin bumbu rempah lebih awet, kita bisa menghaluskan bumbu rempah tersebut kemudian menumisnya hingga harum serta benar-benar matang. Letakkan bumbu rempah di sebuah wadah tertutup kemudian simpan di lemari es. Saat kita membutuhkannya, kita cukup mengambil bumbu rempah itu dari wadah sesuai kebutuhan. Tapi ingat, untuk penyimpanan ini, kita harus menyimpan rempah sendiri-sendiri.

Itulah cara menyimpan bumbu rempah agar lebih awet dan tahan lama. Semoga cara ini bermanfaat.

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rempah Termahal di Dunia, Mayoritas Asal Indonesia