Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Berhenti Hubungan Seks, Solusi Hadapi Gelombang Panas

Ada peringatan bagi masyarakat Kolombia untuk tidak berhubungan seks selama gelombang panas.

Liputan6.com, Kolombia Pejabat kesehatan Kolombia memperingatkan, berhenti berhubungan seks demi memerangi gelombang panas yang bersuhu 40 derajat Celcius. Pasangan Kolombia pun akhirnya bisa merespons, 'berhenti seks' adalah solusi terbaik hadapi gelombang panas.

Menurut Sekretaris Kesehatan kota Santa Marta, Julio Salas, jika pasangan merasa terlalu sulit untuk berhenti berhubungan seks, mereka harus menunggu matahari terbenam. Kemudian baru boleh berhubungan seks.

Pada awalnya, saran untuk berhenti berhubungan seks ditertawakan penduduk setempat. Mereka tidak percaya. Bahkan saat Salas mengeluarkan saran baru, seperti memakai pakaian longgar dan minum banyak air selama gelombang panas.

Situs berita nasional El Heraldo melaporkan, Salas berpikir, menghindari seks itu logis. Apalagi seks yang dilakukan pada cuaca panas yang ekstrem, dilansir dari Sky News, Minggu (19/8/2018).

American Heart Association menganggap seks sebagai "aktivitas fisik sedang", yang berarti memerlukan banyak tekanan pada jantung.

Pengaruh cuaca panas ekstrem akan semakin memicu tekanan besar pada jantung saat bercinta, khususnya melakukan hubungan seks pada siang hari.

"Jika pasangan tidak mampu bertahan, maka mereka setidaknya harus menunggu sampai matahari terbenam untuk berhubungan seks. Itu lebih baik untuk melakukannya di malam hari saat suhu lebih rendah," jelas Salas.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak masalah bila punya AC

Salas menambahkan, tidak masalah bila pasangan tetap berhubungan seks pada siang hari asalkan mereka punya pendingin udara atau AC di ruangan.

"Jika Anda punya pendingin udara yang baik, ya tidak ada masalah," tambahnya.

Santa Marta adalah surga bagi para wisatawan, tetapi fasilitas medis baru-baru ini kewalahan menerima pasien mengeluh gejala heatstroke, termasuk mual dan sakit kepala. Kondisi tersebut akibat serangan gelombang panas.

3 dari 3 halaman

Suhu di atas 30 derajat Celcius

Suhu diperkirakan secara konsisten terjadi di atas 30 derajat Celcius dalam beberapa hari mendatang di kota Santa Marta.

Kota yang terletak di dekat Laut Karibia ini biasanya jadi tujuan wisata untuk menikmati musim panas yang hangat.

Namun, serangan gelombang panas dan sengatan matahari yang menyengat tahun ini telah melampaui perkiraan. Gelombang panas di Kolombia mulai terasa sejak Juni 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.