Sukses

5 Cara Hindari Minuman Bersoda

Jika Anda ingin menghindari atau mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda, lakukan beberapa cara berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Meminum minuman bersoda memang menyegarkan. Namun, kandungan gula yang ada di dalamnya bisa menyebabkan ketagihan dan juga kelebihan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari Men's Health pada Sabtu (18/8/2018), sebuah studi dalam jurnal Epidemiology menemukan hubungan antara kebiasaan mengonsumsi minuman soda dengan pemanis buatan serta kemandulan.

Selain itu, minuman bersoda yang dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker, obesitas, kanker hati, dan prostat. Selain itu, beberapa melaporkan minuman ini memberikan kontribusi pada diabetes, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa Anda hindari. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berhenti dari kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda.

1. Menemukan penggantinya

Daripada mengonsumsi minuman bersoda untuk diet, gantilah dengan minuman lain yang memiliki sensasi yang sama seperti desis dan rasa manisnya.

Kristina Ingeborg Rother dari National Institutes of Health mengatakan, air dengan jeruk dan lemon seperti yang disajikan di hotel sangat baik untuk menjadi pengganti soda.

2. Mengganti kebiasaan

Minumlah minuman pengganti tersebut di waktu yang sama seperti saat Anda mengonsumsi minuman bersoda, misalnya di siang hari atau saat menonton film.

Saksikan juga video menarik berikut ini;

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meminum sedikit

3. Memberi hadiah pada diri sendiri

"Jika Anda ingin menghadiahi diri sendiri, minumlah secangkir kopi dan masukkan sesendok teh gula ke dalamnya," kata Rother.

"Itu mengandung 16 kalori. Jika Anda ingin mengonsumsi soda, minumlah sesekali," tambahnya. Namun jangan menjadikan hal tersebut kebiasaan, serta kendalikan diri.

4. Bertahan dari godaan iklan

Iklan-iklan minuman terkadang sangatlah menarik. Namun, Anda harus bertahan dari hal-hal tersebut. Kesadaran tersebut, kemudian bisa diikuti dengan hidup yang sehat.

5. Minumlah seteguk

Jika hal-hal di atas sudah bertahan selama enam bulan, Anda boleh saja mengonsumsi minuman bersoda. Namun, cicipilah seteguk saja. Minuman itu akan menjadi lebih manis dari yang Anda ingat.

Ini bisa menghindari Anda untuk kembali ke kebiasaan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.