Sukses

Jangan Iri, Pria Memang Lebih Cepat Langsing Dibanding Wanita

Setelah dua bulan menjalani diet rendah kalori, pria rata-rata kehilangan berat badan lebih dari 11 kg, sementara wanita tidak lebih dari 10 kg.

 

Liputan6.com, Jakarta Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya diidamkan para wanita. Tak jarang, pria juga ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Jadi jangan heran, kalau pria juga sering melakukan diet dan olahraga.

Bahkan dalam sebuah penelitian, pria ternyata benar-benar mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding wanita.

Mengutip dari laman New York Post, Kamis (16/8/2018), setelah dua bulan menjalani diet rendah kalori, pria rata-rata kehilangan berat badan lebih dari 11 kg, sementara wanita tidak lebih dari 10 kg. Hal itu diungkap oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, Obesitas, dan Metabolisme.

Sekitar 2.200 peserta dewasa dengan kelebihan berat badan, menjalani serangkaian tes selama 8 minggu. Setiap peserta hanya boleh mengonsumsi 800 kalori per hari, yang terdiri dari sup, sereal panas, dan sayuran.

Hasilnya menunjukan bahwa pria tidak hanya kehilangan berat badan, mereka juga jadi lebih sehat daripada wanita, detak jantung lebih rendah, lemak di tubuh cenderung berkurang dan mengalami penurunan risiko diabetes. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil berbeda pada wanita

Sementara itu, wanita mengalami lebih banyak efek negatif dari diet. Wanita cenderung kehilangan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh yang membantu kesehatan jantung dan kehilangan kepadatan mineral tulang. Akan tetapi, ternyata wanita lebih banyak kehilangan lemak di pinggul mereka daripada pria.

Rania Batayneh, ahli gizi di Amerika mengatakan, "Saya sering melihat wanita menurunkan berat badan lebih lambat daripada pria. Bahkan jika seorang pria tidak berniat menurunkan berat badan, berat badan pria akan turun dengan sendirinya."

Menurutnya ada perbedaan antara berat badan dengan komposisi tubuh yang padat pada manusia dalam membakar kalori. Pria cenderung memiliki lemak berlebih di perut. Kehilangan lemak perut dapat meningkatkan metabolisme pria dan memungkinkan tubuh membakar kalori lebih cepat.

Sebaliknya, wanita memiliki lebih banyak lemak subkutan yang sering berada di paha, bokong, dan panggul. Tidak seperti pria yang kehilangan lemak di bagian perut, kehilangan lemak subkutan pada wanita tidak meningkatkan metabolisme tubuh.

Penulis : Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.