Sukses

8 Cara Bangun Hubungan Setelah Pasangan Selingkuh

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang menginginkan hubungan yang awet. Tapi siapa sangka, tidak sedikit hubungan yang sudah dibangun bertahun-tahun malah sering kali diwarnai perselingkuhan.

Bagi sebagian orang, hubungan yang berakhir akibat perselingkuhan tidak bisa diperbaiki. Padahal dengan memperbaiki keadaan, Anda mungkin akan jauh lebih baik dalam menjaga hubungan kedepannya. Anda akan belajar dari kesalahaan-kesalahan sebelumnya.

Berikut beberapa cara mengatasi dan membangun kembali hubungan dengan pasangan usai perselingkuhan, seperti dilansir dari laman Bustle, Senin (30/7/2018).

1. Jangan anggap perselingkuhan itu buruk

Saat mengetahui pasangan selingkuh, lari dari masalah dan mengakhiri hubungan mungkin pilihan terbaik. Tapi menurut beberapa ahli, keadaan seperti ini dapat membuat seseorang lebih bertanggung jawab dan mengenali kesalahannya sendiri.

Jika pasangan bisa melalui masa perselingkuhan, dan membangun kepercayaan kembali, mereka akan menjadi pasangan yang lebih kuat, menurut Dr. Kristen Mark, peneliti seks dan hubungan.

2. Mengakui kesalahan

Mengakui kesalahan memang tidak mudah. Tapi jika Anda yang melakukan kesalahan, sebaiknya minta maaflah pada pasangan. Walau bagaimanapun Anda telah mengacaukan hubungan yang dibangun dengan susah payah secara bersama. Akan jauh lebih baik Anda belajar bertanggung jawab atas kesalahan Anda.

3. Cari tahu penyebab perselingkuhan

Menurut psikolog Dr. Peggy Drexler, penting untuk mengetahui akar masalahnya. Apakah Anda selingkuh karena merasa kesepian? Apakah Anda merasa kurangnya kepuasan seksual dari pasangan Anda? Apa pun masalahnya, cobalah untuk mencari tahu sehingga Anda dapat memahami mengapa Anda membuat kesalahan dan pada akhirnya tidak mengulanginya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Akhiri Komunikasi dengan Pria atau Wanita Lain

4. Akhiri komunikasi dengan pria atau wanita lain

Untuk memulai hubungan kembali Anda harus benar-benar mengakhiri semua interaksi dengan pria atau wanita lain. Ini tidak akan mudah, tapi Anda harus meyakinkan pada pasangan bahwa Anda benar-benar tidak mengulangi kesalahan dan berkomitmen untuk membangun hubungan yang lebih baik.

5. Jangan mengungkit perselingkuhan kembali

Jangan membicarakan kembali tentang perselingkuhan. Anda dapat megalihkan dengan hal-hal lain seperti menonton film, atau pergi keluar untuk makan bersama. Hal itu akan membuat Anda bersama pasangan merasa lebih bahagia.

6. Beri waktu pasangan untuk sumbuh dari luka

Setidaknya perlu waktu satu tahun bagi pasangan yang dikhianati untuk merasa bahwa dia dapat mempercayai Anda lagi.

7. Jujur dengan diri sendiri dan pasangan

Salah satu langkah penting dalam memperbaiki hubungan adalah terbuka dan jujur. Sikap terbuka dan jujur sangat membantu Anda dan pasangan dalam membangun kepercayaan dan membantu Anda dan pasangan mengambil setiap keputusan.

8. Bantuan orang lain

Permasalahan yang terjadi dapat memicu pertengkaran. Kehadairan Orang lain sangat diperlukan. Mereka dapat memberi masukan pada Anda dan pasangan untuk melewati masa-masa itu. Sehingga membantu menemukan solusi dari setiap permasalahan.

Penulis: Nita Utami