Sukses

4 Cara Alami Atasi Tersedak Duri Ikan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat tersedak duri ikan.

Liputan6.com, Jakarta Apa rasanya jika sedang asyik menikmati ikan tiba-tiba Anda tersedak durinya? Hal yang tidak pernah terbayangkan bukan. Tapi tenang jangan panik, coba atasi dengan cara-cara sederhana ini.

Dilansir dari laman Monitor, Senin (23/7/2018), sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat tersedak duri ikan.

1. Makan pisang

Buah pisang dengan tekturnya yang lengket ternyata mampu mendorong duri ikan yang menyangkut di tenggorokan. Yang perlu Anda lakukan adalah menggigit sepotong pisang cukup besar, tetapi jangan mengunyahnya. Simpan pisang di mulut Anda setidaknya selama satu menit untuk membuatnya basah, dan kemudian telan secara utuh. Jangan lupa untuk menyiapkan segelas air.

2. Bola nasi

Tak perlu repot, Anda hanya perlu menyiapkan nasi lalu bentuk bulat seperti bola berukuran kecil untuk mengeluarkan duri ikan. Kemudian telan bola nasi secara utuh. Jangan mengunyah sebelum menelan. Siapkan segelas air untuk diminum setelah Anda menelan nasi. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selai kacang

3. Selai kacang

Selai kacang dengan teksurnya yang lengket dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang menempel di tenggorokan Anda. Caranya mudah, ratakan selai kacang dan mentega di atas roti dan letakkan ini di mulut Anda.Tunggulah air liur Anda untuk membasahi roti, untuk membuatnya lebih mudah ditelan.

4. Kacang

Kacang adalah alternatif untuk selai kacang. Kunyah kacang sampaiteksturnya agak kasar, karena jika terlalu lembut kacang tidak akanmampu mendorong duri ikan.

Cara-cara tersebut hanyalah bersifat alternaitive, jika duri tidak kunjung hilang, maka Anda harus segera pergi ke dokter untukmengatasinya. Karena jika duri ikan tersangkut di tenggorokan Anda selama satu atau dua hari dapat menyebabkan infeksii.

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.