Sukses

Apa Penyebab Anak Terkena Leukemia?

Liputan6.com, Jakarta Shakira Aurum, putri penyanyi Denada Tambunan, kini tengah menjalani serangkaian pengobatan melawan leukemia. Anak perempuan berusia lima tahun ini tengah menjalani kemoterapi di Singapura ditemani ibunya bergantian dengan ayahnya yang juga mantan suami Denada, Jerry Aurum.

Dalam sebuah program di televisi swasta nasional, Denada bercerita bahwa putri cantiknya didiagnosis leukemia sejak awal Juni 2018, tak lama setelah kepulangannya berlibur di Portugal bersama ayahnya, Jerry Aurum.

Lalu, penyebab anak bisa terkena leukemia?

"Sangat banyak hal yang tidak bisa diketahui dengan pasti, sebagian leukemia akut terutama ALL (Acute Lympoblastic Leukemia) dan AML (Acute Myelogenous Leukemia), berkaitan dengan kondisi genetik," kata dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik Lugyanti Sukrisman dalam program video Dokter Bicara Kanker.

Terkait faktor genetik, hal tersebut diturunkan oleh orangtua, baik secara langsung maupun tidak. Pada anak dengan riwayat penyakit kanker pada keluarga memiliki risiko keganasan apa pun jenisnya, termasuk leukemia, seperti mengutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Faktor lain

Selain genetik, lingkungan menjadi faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena leukemia.

"Seperti radiasi, paparan zat kimia, dan polusi udara," seperti mengutip laman IDAI, Jumat (20/7/2018).

Artikel Selanjutnya
Putri Denada Disebut Kena Karma, Ririn Ekawati Ngamuk
Artikel Selanjutnya
JFlow Berharap Ada Galang Dana untuk Anak Denada