Sukses

15 Manfaat Kayu Manis untuk Tingkatkan Kesehatan Tubuhmu

Jakarta Kayu manis menjadi contoh rempah-rempah yang cukup dengan mudah ditemui di Indonesia dan digunakan dalam aneka olahan masakan Indonesia. Oleh sebab itu, rempah-rempah berupa kayu kering ini bisa meningkatkan aroma masakan atau minuman.

Tak berhenti di situ, kayu manis ternyata menyimpan beragam manfaat sehat, apalagi jika dipadukan dengan madu.

Penasaran dengan manfaat sehat apa saja yang terkandung di kayu manis? Seperti dirangkum oleh Liputan6.com (18/6/2018), ini dia manfaat kayu manis.

1. Manfaat kayu manis untuk diet

Manfaat kayu manis yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kayu manis guna menurunkan berat badan, rebuslah kayu manis dan kemudian minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.

2. Manfaat kayu manis untuk wajah

Manfaat kayu manis lainnya adalah berguna untuk mendukung kecantikan kulit, khususnya kecantikan wajah. Kayu manis memiliki sifat antibiotik dan antimikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi.

Manfaat kayu manis untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskan minyak esensial jika kulitmu mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Selain itu, mencampur bubuk kayu manis dengan madu juga berguna untuk mencegah jerawat atau gangguan kulit lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Manfaat kayu manis untuk kesuburan

Manfaat kayu manis lainnya untuk kesehatan adalah dengan mendukung kesuburan.

Ya, bukan rahasia lagi bahwa kesuburan memegang peranan penting terutama bagi mereka yang mendambakan buah hati. Sebuah penelitian seperti yang dikutip dari Natural Fertility Info, konsumsi kayu manis akan mengurangi risiko wanita untuk terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Penyakit ini membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormonal. Kayu manis berguna dalam melawan penyakit ini karena kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase di dalamnya.

Manfaat kayu manis lainnya untuk kesuburan adalah berguna untuk memperlancar siklus mentruasi bagi mereka yang jadwal datang bulanannya kacau balau.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

4. Tinggi zat antioksidan

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang tinggi akan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Zat ini memiliki beragam manfaat seperti mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mencegah stres oksidatif, termasuk memiliki kemampuan membatasi pembentukan oksida nitrat dalam peroksidasi darah dan lipid (lemak) yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, hingga penyakit berbahaya lainnya.

Beberapa jenis antioksidan yang banyak ditemukan di dalam kayu manis adalah polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.

5. Mencegah peradangan dalam tubuh

Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis memiliki sifat anti inflamasi sehingga berguna untuk melawan berbagai tingkat peradangan di seluruh tubuh.

3 dari 4 halaman

6. Mendukung kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung, termasuk mencegah berbagai macam gangguan jantung lainnya seperti kadar kolesterol tinggi, tingkat trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi. Sebabnya, lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan yang membantu mencegah pembekuan darah.

7. Melawan diabetes

Kayu manis memiliki sifat sehat lainnya yakni anti diabetes. Sehingga manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk mencegah diabetes.

Zat alami dalam kayu manis akan memblokir enzim tertentu yang disebut alanin yang akan membuat glukosa diserap ke dalam darah. Terlalu banyak proses inilah yang kemudian meningkatkan risiko diabetes.

8. Mencegah kanker

Penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat kayu manis adalah untuk mencegah kanker. Sebabnya kayu manis mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel, dan pertumbuhan tumor.

Kemudian, kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang jadi cikal bakal kanker.

9. Mencegah gangguan kognitif dan mendukung kesehatan otak

Lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan memberi manfaat kayu manis untuk mencegah penurunan kognitif dan melindungi kesehatan otak.

"Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif. Sehingga penyakit dengan gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer bisa dicegah," terang penelitian seperti yang dikutip dari Draxe.

4 dari 4 halaman

Manfaat kayu manis dan madu

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kayu manis merupakan rempah-rempah super sehat. Nah, jika kamu ingin mendapatkan manfaat sehat yang lebih maksimal minumlah air hangat yang berisi campuran bubuk kayu manis dan madu.

Berikut adalah manfaat kayu manis dan madu untuk kesehatanmu:

10. Meringankan kram menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Sebabnya, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

11. Meningkatkan imunitas

Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan.

12. Meredakan sakit gigi

Nyeri karena sakit gigi amatlah menyiksa. Kamu pun bisa mengobatinya dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.

13. Meningkatkan pendengaran

Para manula bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

14. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Kayu manis bersifat anti bakteri yang berarti juga bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih (ISK) secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan madu ke dalam segelas air hangat dan kemudian diminum secara rutin.

15. Mengobati flu

Flu dan pilek adalah penyakit ringan yang bisa diobati dengan air hangat yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis dan madu. Minuman alami ini membasmi virus penyebab flu dan meluruhkan lendir-lendir di saluran pencernaan.

Setiap 1 sendok teh kayu manis mengandung 19 kalori, 4 gram serat, kalsium, zat besi, vitamin K, dan mangan. Itulah sebabnya kayu manis begitu tinggi akan manfaat sehat untuk kesehatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.