Sukses

Kenali Chakra, Pusat Energi Manusia Beserta Batu, Aroma, Warna, dan Nada yang Membangkitkannya

Chakra merupakan pusat energi yang ada di sepanjang garis tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Chakra merupakan tujuh pusat energi yang tersebar secara strategis di seluruh tubuh. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur kesehatan Anda serta berdampak secara emosional dan spiritual.

Apabila Anda tidak memiliki gaya hidup yang baik, koheren dan juga murah hati, sulit untuk menemukan keseimbangan dalam hidup. Bahkan, hal itu bisa memblokir energi pada diri sendiri.

Mengutip Step to Health pada Rabu (13/6/2018), energi chakra terletak di kepala hingga punggung. Mereka terletak di sepanjang garis pusat tubuh dan mengatur fungsi serta emosi tertentu.

Untuk meningkatkan fungsinya, Anda bisa menggunakan berbagai teknik, seperti musik, aroma minyak esensial, batuan tertentu, hingga warna dan pijatan. Benda seperti batu bisa ditempatkan di dekat bagian tubuh ketika tidur, atau sebagai perhiasan.

Sementara minyak esensial bisa digunakan dengan cara memijatnya di pusat energi yang sesuai.

Berikut ini adalah tujuh chakra di tubuh Anda, beserta warna dan nada yang bisa meningkatkan fungsinya.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fondasi dan kemaluan

1. Root chakra

Root chakra atau chakra fondasi berada di bawah tubuh, tepatnya di kolom tulang belakang. Chakra ini berkaitan dengan kepercayaan diri.

Chakra ini bisa ditingkatkan dengan nada C, minyak beraroma cedar dan cengkeh, warna merah, dan batu rubi serta garnet.

2. Sacral chakra

Chakra ini terletak di sakrum, tepatnya di atas daerah genital. Chakra ini terletak dengan seksualitas dan kreativitas.

Untuk meningkatkan fungsinya, Anda bisa menggunakan minyak ylang-ylang atau kenanga dan juga cendana. Selain itu nada musiknya adalah D. Selain itu, gunakan juga warna jingga untuk membantunya lebih baik.

Selain itu, menggunakan batu amber dan topas juga bisa meningkatkan fungsi chakra yang satu ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Solar pleksus, jantung, dan tenggorokan

3. Solar plexus chakra

Chakra solar pleksus terletak dua jari lebarnya di atas pusar. Ini memiliki kaitan dengan kebijaksanaan. Warna yang mempengaruhinya adalah kuning.

Chakra ini bisa dibangkitkan dengan musik bernada E, minyak esensial beraroma lavender, rosemarin, dan bergamot. Batu yang tepat untuk ini adalah batu agate.

4. Heart chakra

Letaknya chakra ini berada di tengah dada dan memiliki hubungan dengan cinta serta penyembuhan. Untuk meningkatkan fungsinya gunakan minyak esensial beraroma mawar, mint, dan musk.

Warna yang mampu mempengaruhinya adalah hijau dengan nada dasar F. Batu yang membangkitkannya adalah malachite dan pink quartz.

5. Throat chakra

Sesuai namanya, chakra tenggorokan berada di tenggorokan dan tiroid dan memiliki hubungan dengan komunikasi. Batu aquamarine, turquoise dan lapiz lazuli membantu membangkitkan chakra ini.

Tingkatkan juga dengan minyak esensial beraroma sage dan eucalyptus serta menggunakan warna biru dan mendengarkan musik bernada G.

 

4 dari 4 halaman

Mata ketiga dan mahkota

6. Third eye chakra

Chakra mata ketiga berada di antara kedua mata Anda. Chakra ini berkaitan dengan kesadaran dan pengetahuan. Meningkatkannya bisa dilakukan dengan mint dan melati.

Selain itu, fungsi chakra ini juga bisa ditingkatkan dengan warna nila atau indigo dan nada musik di A.

Batu yang tepat untuk chakra mata ketiga adalah amethyst dan moonstone.

7. Crown chakra

Chakra mahkota letaknya ada di atas kepala dan memiliki hubungan dengan spiritualitas dan transendensi. Untuk membangkitkannya, gunakan minyak esensial kemenyan dan teratai.

Tingkatkan fungsinya dengan warna violet dan nada musik B serta batuan kuarsa putih dan berlian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.