Sukses

Trik Jaga Daya Tahan Tubuh Lansia Selama Mudik Lewat Pijatan

Ada cara menjaga daya tahan tubuh para lansia yang mudik Lebaran, yakni pijatan dengan lembut di beberapa titik tubuh ini.

Liputan6.com, Jakarta Demi kenyamanan perjalanan mudik, pemudik lanjut usia (lansia) harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Tubuh lansia yang rentan kena penyakit dapat membuat sakit, seperti mual dan muntah atau pusing.

Untuk itu, lansia dapat menjaga kesehatan daya tahan tubuh dengan baik. Menurut Buku Saku 1, Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur, yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI Tahun 2017, daya tahan tubuh dapat terjaga dengan cara dipijat.

Pemijatan pada area tubuh yang letaknya di bawah lutut (empat jari di bawah lutut), yang berada di tepi luar tulang kering. Anda juga bisa memijat diatas mata kaki bagian dalam (empat jari di atas mata kaki).

Pijatan ini dilakukan dengan posisi kaki disilangkanke atas paha. Lakukan sebanyak 30 kali hitungan.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Area tubuh pijatan lainnya

Area tubuh yang dipijat bagi lansia bisa juga serupa dengan pijatan untuk sakit kepala, yakni area punggung tangan. Tepat memijat dari atas tonjolan ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan juga jadi area untuk memijat.

Anda juga pada garis tengah tubuh depan, yang berada di pertengahan ujung bawah tulang dada dengan pusar. Trik ini bisa dilakukan untuk mengatasi mual dan muntah.

Ada juga area tubuh lain untuk dipijat, yaitu di pinggang sejajar dengan pusar, selebar dua jari tangan ke samping kiri dan kanan dari garis tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.