Sukses

Ini Keluhan Kesehatan yang Paling Sering Dirasakan Pemudik

Kelelahan jadi keluhan kesehatan yang paling sering diungkapkan pemudik.

Liputan6.com, Jakarta Kelelahan jadi keluhan kesehatan yang paling sering diungkapkan pemudik tahun ini. Disusul dengan keluhan bagian pencernaan.

"Keluhan yang paling sering kami temukan pada mudik kali ini kaitannya dengan kecapekan ya, kelelahan. Ada juga turunannya, stres dan mag,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Untung Suseno Sutarjo, saat ke RSUD Syamsudin Kota Sukabumi Jawa Barat pada Senin (11/6/2018) sore.

Untung juga bersyukur, hingga kemarin tidak banyak temuan angka kecelakaan di RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi dan RSUD Syamsudin. 

“Alhamdulillah, sampai dengan titik kunjungan ketiga ini, kecelakaan sedikit sekali. Jalanan lancar mungkin, semua masyarakat masih waspada. Belum puncak (arus mudik), saya rasa," kata Untung mengutip rilis Sehat Negeriku, Selasa (12/6/2018).

Mengingat libur Lebaran panjang seperti tahun ini, Untung mengharapkan masyarakat tetap waspada selama perjalanan mudik. Sehingga jangan sampai ada kecelakaan dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemudik harus jaga kebugaran

Di kesempatan itu Untung juga mengatakan Kementerian Kesehatan RI optimis angka kecelakaan akan menurun. Namun, para pemudik terus menjaga kebugaran.

“Saya rasa kelelahan itu saat ini yang utama. Karena kelelahan (bila tidak ditangani) berkaitan juga dengan kecelakaan," kata Untung. 

Selain kepada pemudik, Untung juga mengingakan kepada para tenaga kesehatan tetap bersiaga untuk berbagai kemungkinan yang bisa terjadi jelang Lebaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.