Sukses

4 Cara Bikin Kulit Sehat Bercahaya Lewat Makanan

Kulit sehat bercahaya bukan hanya karena perawatan

Liputan6.com, Jakarta Kulit sehat, indah, kencang dan bercahaya bukan cuma karena rajin dirawat. Makanan yang kita konsumsi punya pengaruh besar terhadap kondisi kulit.

Ahli nutrisi Britta Plug sering menyarankan kepada kliennya yang ingin memiliki kulit sehat untuk cerdas memilih makanan. Berikut beberapa makanan yang bisa membuat kulit lebih sehat melansir Food and Wine, Senin (4/6/2018).

1. Kurangi mengonsumsi gula dan susu

Jika ingin memiliki kulit yang sehat kurangi mengonsumsi makanan yang bersifat inflamasi. Seperti produk olahan susu, gluten, dan gula.

Coba saja pangkas asupan yang mengandung tiga bahan di atas selama tiga minggu. Lalu, perhatikan efeknya pada kulit. Bila kembali mengonsumsi banyak makanan mengandung susu, gluten, dan gula hal tersebut tak hanya membuat kulit kusam, juga perut kembung, pusing.

2. Hanya makan cokelat hitam berkualitas

Mengonsumsi cokelat hitam berkualita membuat kulit jadi lebih elastis lebih lama. Alias bisa memperlambat kulit kendur.

Hal ini terjadi karena cokelat kaya akan flavonoid dan flavonol, sumber antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari seperti diungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Konsumsi probiotik

"Kesehatan usus dan kesehatan kulit itu sangat terkait," kata Britta.

Makanan probiotik seperti yogurt, kimchi, acar, mengandung antiinflamasi. Manfaat tersebut bisa mengurangi tanda-tanda penuaan serta mengurangi hiperpigmentasi.

4. Jadikan makanan sebagai bahan masker

Jika perut terlalu sensitif dengan yogurt, manfaatkan sebagai masker. "Di dalamnya ada kandungan yang menutrisi kulit," katanya.

Selain yoghurt, madu juga bisa dimanfaatkan untuk masker. Brigitta menyarankan ambil setengah sendok teh yang dicampur dengan setengah sendok teh air hangat. Campur rata lalu oleskan ke wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.