Sukses

5 Pertanda Tubuh Lakukan Olahraga dengan Berlebihan

Sekalipun menyehatkan, olahraga yang dilakukan berlebihan ternyata juga tidak baik bagi tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta Semua yang berlebihan tidaklah baik. Termasuk olahraga. Sekalipun menyehatkan, melatih tubuh juga tidak bagus jika dilakukan terlalu banyak.

Untuk mengetahui apakah Anda berlebihan dalam berolahraga, tubuh memiliki pertandanya sendiri.

Dilansir dari New York Post pada Jumat (25/5/2018), berikut ini beberapa pertanda bahwa tubuh Anda olahraga terlalu berlebihan menurut Cassie White, pelatih olahraga, yoga, dan jurnalis kesehatan dari Sydney.

1. Tidak punya motivasi lagi

Jika Anda berolahraga setiap hari, tetapi suatu hari tidak memiliki niat untuk melakukannya, mungkin hal tersebut karena dilakukan berlebihan.

Itu adalah pertanda bahwa tubuh sudah lelah dan waktunya untuk beristirahat. Karena itulah, berikan diri satu hari untuk istirahat total. Mulailah lagi berolahraga dengan intensitas lebih sedikit daripada biasanya.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merasa lelah dan tidak berkembang

2. Olahraga malah bikin kelelahan, bukan bertenaga

Setelah olahraga memang melelahkan. Namun, bila hal tersebut membuat Anda merasa lelah sepanjang hari, itu bisa jadi pertanda lain.

Untuk itu, kurangi latihan Anda selama satu hingga dua minggu dan prioritaskan untuk tidur. Usahakan tidur setidaknya tujuh jam tanpa putus setiap malam.

Hingga waktu istirahat Anda cukup, jangan paksakan diri untuk menambah beban latihan.

3. Merasa berhenti berkembang

Olahraga akan membuat tubuh makin kuat dan berkembang. Namun, ketika hal itu tidak memengaruhi tubuh Anda, mungkin itu pertanda kurang istirahat.

Sesungguhnya, jeda istirahat selama berolahragalah waktu di saat tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, ketika memaksakan untuk latihan dengan berlebihan, tubuh berada pada saat-saat yang paling lemah.

 

 

3 dari 3 halaman

Stres dan depresi

4. Merasa tertekan dan depresi

Olahraga harusnya memberikan dorongan untuk melepaskan endorfin. Namun, terlalu banyak olahraga malah bikin tubuh terasa lelah dan tidak cukup tidur.

Motivasi juga menghilang dan malah membuat tubuh terasa depresi jika dipaksakan. Untuk itu, cari tahu lagi mengenai alasan Anda berolahraga.

5. Hidup terasa berat

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai hidup sehat. Selain itu, dibutuhkan pola makan sehat dan seimbang, tidur cukup, serta pengelolaan stres.

Ketika Anda berolahraga terlalu berlebihan, tubuh malah akan mengeluarkan hormon stres kortisol. Hal ini malah akan membuat kita lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula.

Untuk itulah, berolahragalah dengan cukup. Cintai diri sendiri dan nikmatilah makanan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.