Sukses

Banyak Aktivitas, PM Mahathir Mohamad Kurang Tidur

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Perdana Menteri Malaysia, ada banyak hal yang Mahathir Mohamad kerjakan. Tak jarang, hal itu membuatnya jadi kurang tidur.

Melihat aktivitas sang suami, istri Mahathir Mohamad, Siti Hasmah, khawatir dengan kesehatan suaminya, seperti dilansir dari Straitstimes.com. 

"Saya khawatir dengan kesehatannya karena dia tidak memiliki cukup tidur. Waktu tidurnya digunakan untuk melakukan tugas pengecekan dokumen negara," demikian pernyataan Siti yang diunggah dalam laman media sosial Facebook Kelab Che Det.

Siti menceritakan sebuah contoh pada suatu malam. Saat dia melihat suaminya memeriksa 200 dokumen sampai jam 04.00 Subuh. Lalu tiga jam kemudian, tepatnya pukul 07.00 pagi, Mahathir sudah berada di kantor.

Unggahan di Facebook tersebut mendapat banyak respons dari para pendukung Mahathir yang juga mengkhawatirkan kesehatannya. Perlu diketahui bahwa Mahathir adalah perdana menteri tertua di dunia pada usia 92 tahun.

Sangat wajar jika Siti cemas dengan kondisi kesehatan suaminya. Tentu Anda sudah tahu bahwa saat seseorang kurang tidur, ada beragam penyakit dan gangguan kesehatan yang akan mengintai dirinya. Catat dan pahami fakta medisnya di bawah ini.

 

 

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gangguan kesehatan akibat kurang tidur

The National Sleep Foundation mengatakan bahwa orang dewasa sebaiknya tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, tidur sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tubuh manusia. Tak heran bila sejumlah gangguan kesehatan dapat mengincar seseorang yang kurang tidur.

Apa saja yang dapat terjadi jika waktu tidur minim dalam sehari? Berikut penjelasan dari dr. Theresia:

1. Depresi

Hubungan antara tidur dengan depresi cukup kompleks karena dapat menyebabkan depresi. Sebaliknya juga, depresi dapat menyebabkan kurangnya tidur, tetapi penelitian berpendapat bahwa risiko munculnya depresi meningkat dengan kurangnya tidur.

2. Berat badan bertambah

Tidur berhubungan langsung dengan produksi tiga hormon yang mengontrol rasa lapar, yaitu kortisol, yang dapat membuat seseorang menjadi gemuk, memengaruhi level glukosa, dan menimbulkan gangguan emosi. Hormon lainnya adalah ghrelin dan leptin yang berpengaruh langsung terhadap rasa lapar.

3. Daya tahan tubuh berkurang

Penelitian yang dilakukan di JAMA Internal Medicine terhadap 300 orang pengidap flu, menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7,5 jam memiliki risiko untuk terkena flu. Saat imunitas tubuh melemah, tak cuma flu yang dapat menyerang. Beragam virus dan penyakit bisa dengan mudah menjangkiti tubuh Anda karena kekebalan yang tipis.

“Memang di jadwal yang cukup sibuk, sulit untuk menentukan waktu untuk tidur. Bahkan terkadang sulit sekali untuk tidur 7–9 jam dalam sehari. Karena itu bila memang Anda kurang tidur, jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga,” kata dr. Theresia.

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.