Sukses

Akupunktur Bisa Bantu Wanita untuk Hamil Itu Cuma Mitos

Wanita masih meyakini, akupunktur dapat membantu wanita untuk hamil, tapi anggapan tersebut hanyalah mitos.

Liputan6.com, Australia Anda berupaya hamil dengan menjalani akupunktur tidaklah efektif. Hal tersebut hanyalah mitos belaka. Dalam sebuah studi baru, tidak ditemukan manfaat akupunktur untuk bisa hamil. Namun, para wanita masih percaya, mereka dapat hamil setelah diakupunktur.

Sesuai dilansir laman Telegraph, Kamis (17/5/2018), studi baru yang dilakukan sekelompok lembaga penelitian Australia menunjukkan, tidak ada manfaat akupunktur untuk mendapatkan kehamilan.

Akupunktur justru membantu kesehatan wanita saat menjalani program bayi tabung (fertilisasi in vitro/IVF). Percobaan dilakukan pada lebih dari 800 wanita, yang hamil menggunakan IVF.

Hasil penelitian terkait akupunktur, yang diambil dari 16 pusat kesuburan di Australia dan Selandia Baru ini melibatkan wanita berusia antara 18 dan 42 tahun.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilangkan ketegangan

Hasil penelitian akupunktur terhadap wanita yang mencoba hamil dengan metode IVF menunjukkan, tingkat kelahiran hidup mencapai 18,3 persen di antara peserta yang menerima akupunktur asli dibandingkan 17,8 persen yang menerima akupunktur palsu (tiruan).

Yang menarik, wanita yang rutin menjalani akupunktur tidak secara langsung meningkatkan kelahiran angka hidup dan keberhasilan kehamilan. Mereka merasakan manfaat psiko-sosial dari akupunktur, menurut ketua penelitian Caroline Smith

.Manfaat tersebut dilaporkan wanita yang menjalani IVF. Ketegangan otot dan stres yang reda berkat akupunktur termasuk bagian manfaat psiko-sosial yang dirasakan.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.