Sukses

Kurangnya Asupan Zat Besi, Vegetarian Harus Minum Tablet Penambah Darah?

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan gaya hidup vegetarian diakui oleh Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, Prof. Dr. Endang L. Achadi, tidak memiliki asupan zat besi yang cukup.

Hal ini karena zat besi lebih banyak didapatkan di makanan hewani yang mereka hindari. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa mencegah anemia.

"Di dalam sayuran ada zat besi. Tetapi zat besi yang diserap oleh tubuh sangat sedikit," kata Endang dalam konferensi pers kampanye Merck "Generasi Produktif, Generasi Bebas Anemia" di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Sehingga menurut Endang, untuk mencukupi asupan zat besi pada tubuh, butuh sayuran dengan jumlah yang sangat banyak.

Salah satu cara untuk mencukupi zat besi pada orang vegetarian atau vegan adalah dengan mengonsumsi sumber vitamin C dan juga penambah darah.

"Bisa mengonsumsi orange juice, kalau tidak bisa mendapatkan sumber protein yang hewani. Yang kedua adalah dengan tablet penambah darah. "

 

2 dari 2 halaman

Tablet Penambah Darah untuk Vegetarian

Hal ini dikarenakan, tablet penambah darah aman bagi mereka yang vegan atau vegetarian.

"Penambah darah tidak berasal dari darah tapi dari zat besi," tambah Endang.

Sehingga, tablet penambah darah merupakan cara untuk mencegah anemia pada mereka yang punya gaya hidup vegan atau vegetarian.

Endang sendiri mengungkapkan, anemia terbukti mampu menyebabkan penurunan produktivitas kerja khususnya pada wanita Indonesia hingga 20 persen atau sekitar 6,5 jam per minggu.

Untuk itulah, menjalankan pola hidup sehat, bergizi seimbang, mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi, protein dan vitamin dapat dilakukan untuk mencegah anemia.

Loading