Sukses

Sebaiknya Anda Tidak Makan 9 Makanan Ini Sebelum Tidur (1)

Liputan6.com, Jakarta Susah tidur sering menjadi alasan seseorang untuk mengonsumsi makanan, baik yang ringan maupun berat. Namun, kebanyakan orang justru menyantap beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kualitas tidur.

Dilansir dari Reader Digest, Senin (23/4/2018), berikut adalah sembilan makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi sebelum tidur.

1. Makanan yang digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng memang menyenangkan, salah satunya makanan cepat saji.

Terapis perilaku tidur dari New West Phisicians Colorado, Richard Shane, PhD, mengatakan, mengonsumsi makanan yang digoreng justru semakin menyulitkan seseorang mendapatkan tidur berkualitas. 

Menurutnya, makanan yang digoreng membuat sistem pencernaan bekerja keras, sehingga Anda akan semakin sulit untuk mencapai kualitas tidur yang baik.

Lebih baik ganti dengan yang kaya protein atau karbohidrat kompleks.

2. Saus sambal

Makanan ini patut Anda hindari sebelum tidur. Hal ini karena saus sambal dapat mengiritasi lambung, sehingga perut pun menjadi mulas. Shane menjelaskan kondisi ini akan membuat anda sulit tidur.

Kepala Klinik Neurologi Charlottesville, Christopher Winter, MD, mengatakan interaksi yang terjadi pada lambung saat mengonsumsi saus sambal akan membuat tubuh melepaskan histamin, zat yang digunakan untuk mengatasi alergi. Menurutnya, konsumsi antihistamin akan membantu ketika Anda mengalami susah tidur.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

3. Minuman beralkohol

Sebagian orang percaya dengan mengonsumsi segelas atau dua gelas red wine dapat membuat mereka memiliki kualitas tidur yang baik. Namun demikian, hal yang terjadi justru sebaliknya. Shane mengatakan setelah mengonsumsi minuman beralkohol, hati akan bekerja keras untuk memusnahkan efeknya dari tubuh Anda.

Menurut Shane, hati dan jantung Anda terkoneksi. Hal ini menyebabkan ketika hati bekerja keras untuk menghapuskan efek minuman beralkohol dari tubuh, jantung akan berdebar lebih cepat, sehingga Anda akan semakin sulit untuk tidur.

4. Daging Kalkun

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar kandungan tryptophan pada daging kalkun baik bagi mereka yang susah tidur. Namun demikian, hal ini tidak tepat, karena kandungan protein pada kalkun justru dapat memicu otak memproduksi dopamin, hormon peningkat energi.

Winter menyarankan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah salmon. Menurutnya, ikan salmon kaya akan melatonin, yang dapat membantu Anda tertidur pulas.

 

Artikel Selanjutnya
Menu Sahur Saat Mepet Imsak yang Bikin Kenyang
Artikel Selanjutnya
Cara Tepat Atasi Lemas Saat Puasa