Sukses

Heboh Telur Palsu karena Tidak Semua Tahu Bagian Telur Ini

Kurangnya informasi yang tepat membuat masyarakat menduga lapisan berwarna putih dekat cangkang telur sebagai telur palsu. Padahal itu asli.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan lalu masyarakat dihebohkan kabar telur palsu. Di beberapa video, masyarakat kerap menduga lapisan sesudah cangkang yang mirip kertas atau plastik adalah telur palsu. Padahal, itu adalah struktur alami sebutir telur, yang artinya itu telur asli.

"Yang sering disinyalir sebagai telur palsu adalah ini yakni membran," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat, Hasudungan A. Sibalok.

Lapisan membran telur yang berwarna putih itu memiliki peran penting. Yakni melindungi isi telur seperti disampaikan Hasudungan saat di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat ditulis Rabu (28/3/2018).

 

 

Pria yang juga dokter hewan juga mengingatkan masyarakat bahwa kuning telur yang kenyal dan tidak mudah pecah adalah ciri telur asli berkualitas baik.

"Justru kuning telur yang kenyal itu baik. Tapi kalau kuning telur disentuh sedikit saja sudah pecah itu, kurang baik," katanya lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenali ciri telur berkualitas jempolan

Merebaknya isu telur palsu yang padahal asli adalah tanda bahwa tidak semua masyarakat mengetahui ciri-ciri telur berkualitas. 

"Jadi, jangan bilang telur baik (malah) sebagai telur palsu," katanya.

Hasudungan menjelaskan ada tiga hal yang bisa dinilai saat menentukan telur tersebut berkualitas baik atau tidak.

1. Cek kulit telur

"Pertama itu kulit cangkang telur. Kulit harus kasar, tidak licin. Kalau kasar, berarti pori-pori cangkang masih sempurna menutup dalam telur.

"Kalau pori-pori cangkang telur masih sempurna, udara tidak sepenuhnya masuk ke dalam telur," kata Hasudungan kepada Health-Liputan6.com.

Lalu, pastikan tidak ada kotoran seperti darah atau cairan dari telur yang busuk. Pria yang juga dokter hewan ini mengatakan cairan telur busuk amat mudah sekali mengontiminasi telur yang 'sehat'.

2. Telur baik itu tenggelam di air

Telur yang segar memiliki kadar udara yang sedikit, itu sebabnya saat dimasukkan ke dalam air bakal tenggelam.

"Telur itu kan semakin lama semakin banyak udara yang masuk, berarti telur makin ringan, jadi mengapung," paparnya lagi.

3. Isi telur

Seperti disampaikan di bagian sebelumnya, telur segar berkualitas baik saat dipecahkan bagian kuning telur masih utuh. Jika dipegang juga kenyal.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.