Sukses

Asam Urat Bisa Sembuh dengan 5 Ramuan Rumahan Ini

Seperti halnya penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, asam urat bisa timbul dari kebiasaan makan yang tidak sehat. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati penyakit ini.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang tua, generasi milenial pun bisa terkena. Gejalanya ditandai dengan peningkatan kadar asam dalam darah lalu mengkristal dan akhirnya menimbulkan peradangan di area tubuh tertentu.

Seperti halnya penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup lainnya, kebiasaan makan tidak sehat dan gaya hidup tidak aktif menjadi biang keladi munculnya asam urat. Agar tidak berkelanjutan, berikut beberapa cara alami untuk mengobati penyakit asam urat, seperti dikutip dari Merdeka, Selasa (27/3/2018).

1. Ceri

Sifat anti inflamasi yang ada di dalam ceri untuk mengobati asam urat telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Ceri juga mengandung allopurinol yang bertanggung jawab untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Tips: makan sekitar 15-20 buah ceri setiap hari atau minum segelas jus ceri untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cuka apel

Cuka apel juga menjadi obat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang biasa dialami penderita asam urat. Sebabnya, cuka apel bersifat anti inflamasi.

Tips: Minum 1 sendok makan cuka apel, madu, dan air hangat setiap pagi untuk mengobati asam urat.

3. Jahe

Jahe mengandung berbagai senyawa anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami penderita asam urat. Jahe juga bersifat analgesik.

Tips: Minum air rebusan jahe alami tiap pagi untuk mengobati asam urat.

3 dari 4 halaman

4. Pisang

Pisang mengandung potasium yang bantu mengubah kristal asam urat jadi cair sehingga bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah.

Tips: Konsumsi setidaknya 2 buah pisang per hari untuk mengobati nyeri.

4 dari 4 halaman

5. Lemon

Vitamin C adalah zat antioksidan kuat yang bantu menetralisir kelebihan kadar asam urat. Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C terbaik adalah lemon.

Tips: Peras setengah buah lemon dan campur dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita asam urat. 

Reporter: Febrianti Diah Kusumaningrum

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme Asam Urat.

    Asam Urat

  • Merdeka.com

Video Terkini