Sukses

Kisah Bayi Genius dari Indonesia, Baru 2 Tahun Sudah Lancar Baca Tulis

Liputan6.com, Jakarta Rasa haru campur bahagia membuncah pasangan David Victor dan Giovanni Paramyta. Tak ada yang pernah menduga jika buah hati mereka, Misael Bright Manurung, tergolong bayi genius.

Buktinya, bocah ajaib ini didaulat penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai "Balita Termuda yang Bisa Membaca dan Menulis" pada 17 Maret 2018. Bayi udah lancar baca dan tulis, bagaimana bisa? 

Baby Misael lahir pada 20 April 2015 di RS St Carolus Jakarta. Saat itu usia kehamilan mamanya baru memasuki bulan kedelapan. Artinya, Misael lahir ke dunia sebelum perkiraan waktu yang diprediksi dokter.

Seperti kebanyakan orangtua saat ini, papa dan mama Misael boleh dibilang sibuk dengan pekerjaaan. Keduanya berangkat pagi dan pulang malam. Pasangan ini kemudian menitipkan bayi mereka pada neneknya. Pulang kerja, Misael dijemput oleh mamanya.

Praktis, porsi kebersamaan pasangan ini untuk bermain dengan anaknya hanya secuil saja di weekday. Hanya pada weekend, papa dan mamanya menggunakan quality time dengan Misael. Mulai jalan-jalan, makan, hingga bermain. Namun, saat itu tumbuh kembang Misael masih belum menunjukkan sesuatu yang mengherankan. 

Memasuki usia 1 tahun, orangtua Misael mulai memberikan flash card yang isinya huruf-huruf maupun angka-angka. Hal tersebut tak bertahan lama karena Misael bosan dan belum tertarik.

"Bahkan, dia sering merobeknya. Lalu diganti dengan mainan lain dengan memberikan buku bacaan bergambar. Namun, nasib buku-buku itu hampir sama dengan flash card. Dirobek," ucap David Victor kepada Health-Liputan6.com via surel, Selasa (20/3/2018).

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

 

2 dari 3 halaman

Bermula dari nyanyi bersama

David menceritakan, ketika diajak bernyanyi, ternyata antusiasme Misael lebih tinggi. Sembari menunjuk lirik lagunya, Misael mampu bergaya "pundak, lutut, kaki". Ketertarikannya berlanjut dengan suka menonton video karaoke lagu anak-anak.

"Ternyata Misael juga tertarik dengan hal-hal yang berbau visual. Tanpa disuruh, dia sering mengikuti kata-kata yang ada dalam teks lagu karaoke. Jari-jarinya sering menunjuk ke arah kata-kata yang diucapkan sama penyanyinya," ujar papa Misael tersenyum.

Namun, kedua orangtua Misael masih belum menyadari bahwa anaknya sudah mulai bisa mengeja kata-kata yang ada pada teks lagu karaoke. Apalagi saat itu vokal Misael kalau berbicara juga masih belum jelas. 

Ketertarikannya dengan hal baru melalui nyanyian, boleh jadi berasal dari mamanya.

"Saat masih di dalam kandungan, Ibunya sering mendengarkan musik klasik dan menyenandungkan lagu-lagu. Selanjutnya, saat mulai membuka buku-buku bergambar dan bertulisan, Misael sering menunjuk-nunjuk ke arah huruf-huruf yang ada di bawah gambar," kata David. 

3 dari 3 halaman

Baru 2 Tahun, Misael Sudah Bisa Baca dan Tulis

Sampai suatu hari, papa dan mama Misael benar-benar kaget dan takjub. Suatu hari Misael membaca kantong plastik yang bertuliskan nama sebuah minimarket.

"Awalnya saya tidak percaya kalau dia bisa membaca. Saking penasarannya, saya mencoba ngetes lagi dengan mengambil bungkus tisu yang ada tulisannya. Dan, ternyata Misael bisa membacanya dengan sempurna. Padahal kata tersebut belum pernah diajarkan kepada Misael. Saya dan istri benar-benar kaget. Selama ini tidak ada yang mengajari Misael secara khusus untuk membaca. Apalagi usianya saat itu baru saja memasuki 2 tahun," jelas David.

Kegeniusan Misael semakin hari kian terbukti. Sebuah program yang tayang di teve swasta tertarik mengundang bayi ajaib tersebut.

"Ketika Misael diundang ke acara yang dipandu oleh Deddy Corbuzier, kru datang ke rumah untuk mengambil stok gambar keseharian Misael untuk ditayangkan sebagai pembuka acara tersebut. Kemudian, kru menyuruh Misael menulis huruf-huruf abjad di white board. Di luar dugaan, dia mampu melakukannya dengan tangkas. Ternyata, dia juga bisa menulis huruf-huruf abjad," kata David.

Melihat anaknya sudah bisa baca dan tulis, kedua orangtua Misael berencana memasukkan Misael ke sekolah bermain. Namun, niat tersebut diurungkan karena dokter anak tidak merekomendasikannya.

Penelitian Ungkap Pria Botak Punya Pesona, Bikin Luluh Hati

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Melahirkan dalam Angkot, Begini Kondisi Ibu Muda di Probolinggo dan Bayinya
Artikel Selanjutnya
Ibu Kreatif Foto Bayinya dengan Memakaikan Baju dari Makanan