Sukses

Tips Joyce Heryanto Hadapi Penyakit Autoimun

Liputan6.com, Jakarta  

Joyce Heryanto, pendiri komunitas Autoimmune dan Saya, membagikan tips sehat berdasarkan pengalaman pribadi dengan putrinya, Janice, yang menderita penyakit autoimun.

Menurutnya, pola hidup sehat bagi penderita autoimun tidaklah mudah. Awalnya, ketika Janice yang baru berumur 11 tahun didiagnosis autoimun, Joyce merasa marah.

Namun, Joyce sadar bahwa autoimun bukan untuk dilawan. Dia merasa autoimun harus diterima.

"Saya lihat autoimun itu harus digandeng. Dia tidak bisa dimusuhin. Kita harus terima anak, keluarga, atau saya memang memiliki autoimun," kata Joyce dalam peluncuran bukunya Autoimmune and Me beberapa waktu lalu, ditulis Senin (12/3/2018).

Joyce memutuskan mengganti pola hidup keluarganya dengan pilihan yang lebih sehat. Salah satunya, dengan mengasup makanan organik.

"Memang kelihatan lebih mahal. Di satu pertemuan ada seorang dokter bilang, orang Indonesia itu aneh. Mau beli mahal untuk sebuah tas, tapi disuruh beli sayur organik mikir-mikir," cerita Joyce.

Menurutnya, kebanyakan produk sayur yang dijual saat ini terpapar pestisida. Sehingga sulit menemukan sayur yang benar-benar aman dikonsumsi.

Joyce mengakui, demi menjaga kesehatan keluarganya dia menyediakan sayur organik dan garam laut untuk dikonsumsi. Garam laut lebih baik ketimbang garam dapur. Ini karena telah mengalami proses pengolahan, yang menyebabkan bertambahnya bahan-bahan tidak sehat di dalamnya.

Simak juga video menarik berikut ini: 

1 dari 3 halaman

Tidak Memakai Gula Putih

Selain itu, Joyce juga tidak lagi memakai gula putih. Sama seperti garam, gula putih yang dijual saat ini telah melewati proses yang panjang.

"Makin panjang prosesnya makin mengerikan," kata dosen salah satu universitas swasta di Jakarta ini.

Joyce juga menceritakan dirinya tak memakai minyak kelapa sawit melainkan minyak kelapa untuk memasak.

Tidak hanya dari bahan makanan, Joyce juga mengurangi makanan yang digoreng.

"Kalaupun terpaksa menggoreng, minyaknya sedikit sekali," tambahnya.

Selain itu, keluarganya juga meminum jus yang terdiri dari sayur dan buah. Karena bahannya mentah, maka dia mencucinya dengan air mengalir.

Tidak hanya pola hidup, peralatan makan menurut Joyce juga harus dijaga.

"Kalau sekarang, tidak disarankan memakai alat-alat yang antilengket," kata Joyce. "Itu mendingan dibuang saja, bahaya sekali buat kesehatan."

 

2 dari 3 halaman

Juvenile Dermatomyositi

Janice, putri Joyce, didiagnosis menderita salah satu penyakit autoimun yaitu Juvenile Dermatomyositi (JDM) pada tahun 2014.

Dikutip dari Cincinnati Children's, JDM adalah penyakit yang menyebabkan kulit ruam dan pelemahan pada otot-ototnya.

Dengan mengubah pola hidup lebih sehat, Janice mulai mengalami proses reversing autoimun, yaitu membalikkan kondisi autoimun, yang sebelumnya menyerang tubuh, menjadi lebih bersahabat.

Selain mengubah pola makan, Janice sendiri melakukan olahraga yoga agar kesehatannya lebih stabil.

Artikel Selanjutnya
Awas, Stres Bisa Berujung pada Penyakit Autoimun
Artikel Selanjutnya
Penderita Autoimun Harus Bisa Masak dan Mengolah Makanan Sendiri