Sukses

Penglihatan Kabur karena Menatap Layar? Ini Cara Lindungi Mata

Liputan6.com, Jakarta Penglihatan kabur dan mata sakit saat setiap di depan komputer? Mungkin Anda terkena Computer Vision Syndrome (CVS).

Dikutip dari Indiatimes, Kamis (1/3/2018), CVS terjadi akibat meningkatnya interaksi mata dengan layar digital. Ini akibat pemakaian berkepanjangan komputer, tablet, maupun ponsel.

Walaupun begitu, ada beberapa cara untuk mencegah CVS terjadi pada mata Anda.

1. Lakukan Tes Mata

Jika merasakan sakit kepala, mata berair, dan penglihatan mulai kabur, sudah saatnya Anda memeriksakan mata secara menyeluruh. Jangan lupa beritahu dokter mata tentang lamanya penggunaan komputer di kantor dan di rumah.

2. Susun Ulang Peralatan di Meja

Jika Anda menggunakan komputer meja di rumah atau di kantor, pastikan monitor lebih rendah dan lebih jauh dari mata. Paling tidak 20 hingga 28 inci dari wajah. Pastikan Anda tidak membuat leher dan mata menjadi kaku atau tegang saat melihat layar.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Mengatur Cahaya

3. Sesuai Pengaturan Layar dan Kenakan Kacamata Pelindung Cahaya

Jika pengaturan layar membuat mata tegang, atur kecerahan layar, kontras, dan ukuran huruf hingga menemukan yang paling nyaman.

Selain itu, ada kacamata untuk penggunaan komputer, yang dirancang untuk mengurangi ketegangan mata, sakit kepala, dan kelelahan mata. Kenakan kacamata ini untuk mengurangi cahaya biru yang dipancarkan dari komputer, ponsel, atau tablet.

4. Duduk dengan Pencahayaan Yang Baik

Selain layar, yang patut dilihat adalah pencahayaan ruangan. Ini penting untuk mencegah silau, dan bayangan yang disebabkan cahaya dari luar.

Jika lampu berada di atas kepala, pastikan pencahayaan diatur seminimal mungkin. Gunakan juga tirai untuk mencegah silau. Posisikan layar komputer dengan baik untuk mengurangi pantulan dari lampu.

 

3 dari 3 halaman

Menjaga Mata Tetap Sehat

5. Perhatikan Waktu di Depan Layar

Manfaatkan waktu di depan layar dengan bijak. Jauhkan ponsel atau tablet sebelum tidur. Pastikan juga tidak menggunakannya dalam gelap.

6. Peraturan 20-20-20

Dalam menatap layar tetap ada aturannya. Setiap 20 menit, berikan istirahat selama 20 detik. Fokuskan mata ke hal lain dengan jarak minimal 20 kaki (sekitar 6 meter). Ini membuat ketegangan mata berkurang, tapi tetap membuatnya aktif.

7. Melatih Mata

Untuk menghindari iritasi atau penglihatan kabur, lakukan latihan mata. Gerakan membuat angka delapan secara horisontal dengan mata, berkedip beberapa kali, atau latihan memfokuskan mata, bisa mengurangi ketegangan pada mata.

Artikel Selanjutnya
Usai Transplantasi Rambut, Bola Mata Tariq Harus Diangkat
Artikel Selanjutnya
Halusinasi karena Narkoba, Kaylee Cungkil Mata Sendiri