Sukses

Bach Flower Aman untuk Digunakan Bersama Obat-Obat Dokter

Praktisi pastikan Bach Flower aman jika digunakan bersama obat dokter

Liputan6.com, Jakarta Bach Flower Remedies, terapi dengan esensi bunga, diklaim aman untuk digunakan bersama obat-obatan medis bagi mereka yang menderita penyakit mental.

Hal ini diungkapkan Alva Paramitha, praktisi Bach Flower Remedies, ketika ditemui di kantornya, di salah satu sekolah swasta di Pulomas, Jakarta, Senin (26/2).

"Untuk kasus-kasus yang berat, seperti bipolar atau skizofrenia yang berat, itu memang saya komitmen dengan klien. Biasa saya minta mereka mendampingi (terapi ini) dengan obat dokter," kata Alva.

"Terutama kalau ada tendensi bunuh diri. Itu harus ditangani oleh psikiater," tambah perempuan yang merupakan satu dari sepuluh praktisi Bach Flower bersertifikat tersebut.

Dari pengalamannya, dia melihat bahwa pasien yang ditangani dengan obat dan Bach Flower, lebih baik ketimbang mereka yang hanya ditangani dengan obat dokter.

"Tanpa mengurangi rasa hormat (pada dokter), dengan obat dokter terkadang hormon ditekan semua. Jadi terkadang dia menjadi pasif, ngantukan, itu tidak seimbang," jelas Alva pada Health-Liputan6.com.

Namun, dengan digunakan bersama dengan Bach Flower, klien bisa merasakan emosi dan bisa mengungkapkannya dengan lebih positif.

"Beberapa klien saya yang saya akut, ketika saya gunakan Bach Flower dengan obat dokter, biasanya dosis obatnya akan turun perlahan-lahan."

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timbulkan Pro Kontra.

Alva mengakui bahwa Bach Flower ini memang menimbulkan pro dan kontra. Terutama di kalangan psikolog.

"Beberapa klien merasa it's impossible banget ya. Hanya air ditetes, apakah ini sugesti atau apa. Kembali lagi orang harus merasakan langsung," katanya.

"Kita sih tidak takut apakah ini akan dicap macam-macam. Well, untuk beberapa psikolog, mereka berpikir ini hanya untuk efek sugesti."

Walaupun begitu, para praktisi Bach Flower menyatakan bahwa tidak ada efek samping berbahaya dari terapi yang mereka lakukan.

"Kalau misal tidak percaya, gak apa. Tapi kan mereka bisa langsung merasakan manfaatnya sendiri," tutup Alva.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.