Sukses

Emak-Emak di Indonesia Rajin Riset Sebelum Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta Emak-emak pengguna internet di Indonesia zaman now makin cerdas sebelum belanja daring (online). Data dari Google Indonesia menyebutkan ada tujuh dari 10 konsumen pengguna internet yang lakukan riset sebelum belanja online

"Ada yang berhari-hari lakukan riset sebelum membeli, tapi 56 persen lakukan riset dalam hitungan jam atau menit sebelum lakukan pembelian," kata Industry Analyst Google Indonesia, Ariani Dwijayanti.

Saat melakukan riset ada tiga langkah yang emak-emak zaman now lakukan sebelum belanja online. Berikut daftarnya seperti disampaikan Ariani berikut dalam acara thinkmoms with Google di Jakarta pada Kamis (22/2/2018).

1. Harga terbaik

Emak-emak pengguna internet sebelum belanja online akan mencari produk yang dibutuhkan sesuai kantong. Ariani juga menyampaikan pencarian dengan kata 'promo' banyak dilakukan para ibu. Misalnya promo popok bayi atau promo susu merek tertentu. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 3 halaman

Emak-Emak Rajin Riset Info Produk

2. Cari informasi produk

Setelah mengetahui harga terbaik versi mereka, konsumen online mencari tahu tentang kualitas produk tersebut. Misalnya kandungan susu tertentu atau varian dari sereal bubur tertentu.

3. Cari review produk

Belum selesai sampai di situ. Ibu-ibu ingin tahu pendapat dari pakar profesional terkait produk yang mau dibeli. Menurut Marketing Director Frisian Flag, Felicia Juliana, yang turut hadir dalam acara ini, riset panjang yang dilakukan ibu karena dia harus memberikan terbaik untuk buah hati yang dicintainya.

"Dia (ibu) punya banyak sekali tekanan, harus menjadi ibu yang baik, tumbuh kembang baik. Sehingga ketika dia buat keputusan dia butuh jalan yang panjang," kata Felicia. 

2 dari 3 halaman

Cenderung loyal terhadap produk

Ketika ibu sudah menentukan produk online yang dibeli dan cocok. Riset yang dilakukan Google ini memperlihatkan ibu cenderung loyal terhadap suatu produk yang dibeli.

"Cenderung loyalty tinggi dan repeat purchase. Ini memberi keuntungan pada produk yang dibeli," kata Ariani.

Satu lagi karakter ibu Indonesia yang sudah aktif di dunia internet adalah berbagi pengalaman menggunakan produk tersebut.

"Setelah membeli, sektitar 40 persen suka review. Mereka suka nulis lewat e-commerce atau lewat grup chatting," tambah Ariani.

Artikel Selanjutnya
Tangannya Digigit, Briptu Erlangga Tak Jera Hadapi Emak-Emak
Artikel Selanjutnya
Kapolres Kudus: Briptu Erlangga Laporkan Emak-Emak Penggigit Tangannya