Sukses

5 Manfaat Menakjubkan dari Sebutir Kapsul Minyak Ikan

Liputan6.com, Jakarta Minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang banyak diminati. Hal ini karena kandungan omega-3 yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi tiga gram minyak ikan akan membuat Anda terbebas dari kolesterol, pusing, dan mual.

Dilansir Step to Health, Kamis (22/2/2018), minyak yang diambil dari ikan salmon, tiram, tuna, dan sarden ini punya 5 manfaat menakjubkan yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat minyak ikan dalam mencegah penyakit jantung, artritis dan beberapa jenis kanker memang tidak diragukan lagi. Hal ini karena minyak ikan dapat melancarkan peredaran darah, sehingga Anda akan terhindar dari serangan jantung.

Meski demikian, beberapa ahli menyarankan untuk memakan ikannya secara langsung. Jadi, tidak hanya mengonsumsi minyak saja untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Menjaga otak berada pada kondisi sempurna

Minyak ikan ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental. Nutrisi yang terkandung pada minyak ikan dapat menjaga fungsi hormon aktif, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini membuat Anda terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

Meski demikian, jika sudah terdiagnosis penyakit tersebut, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dosis penggunaan minyak ikan dalam mengatasi penyakit tersebut.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

1 dari 2 halaman

3. Baik untuk anak-anak

Memberikan minyak ikan pada anak membawa manfaat besar terhadap tumbuh kembangnya. Kandungan omega-3 yang terkandung pada minyak ikan dapat meningkatkan koordinasi sistem organ pada bayi baru lahir.

Selain itu, minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta menghindarkan gangguan perkembangan otak, seperti hiperaktif.

4. Mencegah kerontokan rambut

Anda yang memiliki masalah dengan rambut, sebaiknya mulai berpikir untuk mengonsumsi minyak ikan. Nutrisi yang terkandung dalam minyak ikan dapat menjaga folikel rambut terstimulasi.

Tak hanya itu, minyak ikan pun dapat membuat Anda terhindar dari luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Baik untuk ibu hamil

Suplemen minyak ikan sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Hal ini karena minyak dari sumber hasil kekayaan laut tersebut dapat menghindarkan mereka dari keguguran dan mencegah kelahiran prematur.