Sukses

5 Obat Herbal Pengusir Dahak dari Tenggorokan

Liputan6.com, Jakarta Dahak atau cairan dalam sistem pernapasan sebenarnya baik bagi tubuh. Cairan ini disebut mengandung glikoprotein, antibodi, dan zat lain yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun demikian, ketika terjadi infeksi, produksi dahak pun menjadi berlebih.

Produksi dahak yang berlebih berpotensi menyumbat saluran pernapasan, dan tentunya menimbulkan ketidaknyamanan. Dilansir step to health, Senin (19/2/2018), berikut adalah 5 obat herbal yang dapat mengusir dahak dari tenggorokan.

1. Daun Kayu Putih

Daun ini mengandung minyak esensial, antioksidan, dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi dan kelebihan dahak.

Kandungan ekstrak daun kayu putih dapat membantu melegakan hidung dan saluran pernapasan. Ekstrak tersebut dapat menghilangkan sekresi yang menghalangi aliran udara normal.

Anda dapat menghirup uap ekstrak daun kayu putih yang sudah direbus terlebih dahulu.

2. Oregano

Daun yang sering Anda temukan di pizza dan spaghetti ini merupakan salah satu obat alami pengencer dahak yang ampuh. Kandungan minyak esensial dan zat antibiotik dapat membantu memerangi infeksi yang menyebabkan produksi dahak berlebih.

Anda dapat meminum teh oregano untuk dapat melonggarkan tenggorokan Anda. Meminumnya 2 sampai 3 cangkir teh dalam sehari dapat mengencerkan dahak dengan sempurna.

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Tanaman thyme dapat redakan batuk dan hilangkan dahak

3. Thyme

Salah satu tanaman yang digunakan sebagai penyedap rasa ini dapat mempercepat penyembuhan saat Anda menderita flu. Kandungan antiseptik, ekspektoran dan antispasmodik pada daun Thyme dapat membantu meredakan batuk dan iritasi yang menjadi penyebab produksi dahak berlebih.

Anda dapat meminum air rebusan thyme. Tambahkan sesendok madu agar terasa lebih nikmat.

4. Jahe

Air rebusan salah satu jenis rempah-rempah ini mengandung gingerol, senyawa aktif yang bertindak sebagai antibakteri, ekspektoran, dan antiinflamasi. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan.

Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu meminum air rebusan jahe yang ditambahkan dengan sesendok madu. Minum tiga gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Daun salam

Selain harum, daun salam mengandung komponen alami yang memiliki efek baik bagi paru-paru. Sifat ekspektoran pada salah satu bumbu dapur ini dapat mengurangi kemacetan di dada karena produksi dahak.

Ada dua cara untuk memanfaatkan daun salam sebagai obat pengencer dahak. Pertama, Anda dapat meminum air rebusan daun salam sebanyak dua cangkir setiap hari. Selain itu, Anda dapat mengompreskannya ke dada dengan mencelupkan kain bersih ke dalam teh tersebut.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Racik Sendiri Obat Herbal Pereda Batuk Berdahak dan Kering