Sukses

PDGI: Belum Ada Penelitian Lanjut yang Nyatakan Albothyl Aman

Persatuan Dokter Gigi Indonesia belum ada tinjauan lebih lanjut mengenai kadar aman penggunaan policresulen untuk mulut.

Liputan6.com, Jakarta Policresulen, yang dikaitkan dengan produk berlabel Albothyl, kembali ramai diperbincangkan publik lantaran kadar obat yang dijual bebas tersebut berbahaya bagi mulut.

Terkait hal tersebut, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengungkapkan belum ada penelitian resmi terkait hal tersebut. Ketua PB PDGI, Dr. drg. Hananto Seno, SpBM., MM., menyampaikan belum ada tinjauan lebih lanjut mengenai kadar aman penggunaan policresulen untuk mulut.

"Ya sampai sekarang memang masih diteliti lebih lanjut, seberapa pas sih kadar yang baik untuk kesehatan mulut, jadi belum ada penelitian resmi," ungkap Hananto saat diwawancarai Health-Liputan6.com, Kamis (15/2/2018).

Meski demikian, Hananto menjelaskan beberapa kajian menyebutkan policresulen (Albothyl)aman digunakan untuk mulut yakni melalui pengenceran dengan perbandingan 1:5. "Ya diperkirakan kadar itu lebih aman dibandingkan tidak melalui pengenceran," ujar Hananto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Policresulen untuk dubur juga diencerkan?

Policresulen pada Albothyl, selain digunakan untuk mulut, juga dapat dimanfaatkan pada area dubur. Hananto mengakui dirinya tidak memahami perihal tindakan pengenceran obat tersebut untuk penggunaan pada area dubur.

"Bukan kapasitas saya itu, tapi ya mungkin saja tindakannya sama," tutup Hananto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini