Sukses

Awas, Anak Gampang Tiru Sikap Kasar Orangtua

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyebab anak suka bertindak kasar ada beberapa hal. Menurut psikolog, Dr. Imelda Ika Dian Oriza, M.Psi, beberapa anak memang memiliki bawaan dari lahir, beberapa lainnya karena faktor lingkungan seperti tekanan tertentu, dan tidak tahunya anak terhadap perilaku kasar.

Menurut Dian, ketika dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (7/2/2018), untuk mengatasi itu, orang tua harus bisa memberikan batasan dan aturan terhadap perilaku pada dirinya sendiri.

"Contoh memang lebih susah daripada nasehat. Maka orang tua harus belajar. Seperti ketika orang tua memarahi anak kasar ya mungkin anak juga akan belajar dari situ," kata Dian. "(Anak akan berpikir) Jadi saya boleh dong marah-marah."

 

1 dari 2 halaman

Marah itu wajar

Selain itu, cara orang tua berinteraksi dengan anak dan pasangannya juga harus diperhatikan. "Kadang ada marah sama pasangannya, itu memberi model, oh saya bisa juga dong mengekspresikan ekspresi saya ke luar dengan cara seperti itu," kata Dian.

Menurut Dian, marah adalah sebuah ekspresi yang wajar sehingga diperbolehkan untuk marah. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana agar ekspresi marah tersebut tidak menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Artikel Selanjutnya
Punya Istri dengan Sikap Tak Bisa Ditebak, Curhatan Pria Ini Viral
Artikel Selanjutnya
Jangan Marahi Anak yang Ketahuan Bohong dan Tidak Puasa