Sukses

10 Makanan untuk si Kecil yang Aktif agar Cepat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada bentuk istirahat yang lebih baik daripada tidur. Tidur adalah waktu ketika tubuh tumbuh, kulit meremajakan diri, sel otak terstruktur untuk komunikasi, dan banyak lagi.

Namun bagi anak-anak, tidur tak semudah orang dewasa saat mengantuk. Mereka bahkan perlu suasana yang nyaman seperti mendengarkan dongeng, ruangan kamar yang gelap atau mungkin pengaturan suhu dan mengonsumsi makanan tertentu untuk bisa jatuh tertidur. 

Seperti diberitakan Boldsky, Selasa (9/1/2018), makanan seperti triptofan, melatonin, dan serotonin sangat baik untuk membantu anak Anda tidur. Apa saja bahan makanan yang mengandung zat-zat tadi?

1. Susu

Susu mengandung asam amino yang disebut triptofan, yang membantu anak tidur. Kalsium yang ada dalam susu juga menghasilkan lebih banyak triptofan. Dan saat susu yang diberikan hangat, suhu tubuh naik dan membuat anak mulai mengantuk.

2. Pisang

Pisang kaya akan magnesium yang bertindak sebagai relaksan otot, sehingga melemaskan seluruh tubuh. Buah ini juga mengandung hormon penginduksi tidur, melatonin dan serotonin, yang membantu mengatur siklus tidur.

3. Salmon

Salah satu pilihan terbaik di antara makanan laut yang memancing rasa kantuk pada anak adalah salmon. Mengonsumsi salmon saat makan malam akan merangsang produksi melatonin dan serotonin yang membuat anak tidur lebih mudah.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

4. Oat

Oat bukan hanya bagus untuk menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan sistem saraf. Terlebih lagi, oat juga mengandung konsentrasi tinggi hormon melatonin, yang membuat seseorang tertidur.

Oat juga tinggi karbohidrat, yang membantu perut terasa kenyang, sehingga bisa membantu anak tidur lebih lelap.

5. Bayam

Selain kaya akan semua vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tubuh, bayam juga mengandung asam amino triptofan tinggi. Bayam bisa dimasukkan dalam salad atau bahkan diminum sebagai jus sebelum tidur.

6. Nasi

Nasi biasanya tidak disarankan untuk makan malam karena membuat perut terlalu kenyang. Tapi jika Anda menghadapi masalah dengan pola tidur anak-anak, jangan ragu untuk menambahkan sebagian nasi ke piring makan anak.

7. Kenari

Kacang kenari bukan hanya bagus untuk otak, tapi juga membantu menurunkan berat badan. Kenari juga memiliki jumlah triptofan yang baik.

2 dari 3 halaman

8. Nanas

Nanas mengandung melatonin yang lebih tinggi daripada gandum dan pisang. Menambahkan buah ini pada makan anak juga bisa membantunya cepat tertidur.

9. Anggur

Buah ini mengandung hormon pengatur tidur, melatonin. Sebaiknya tambahkan lebih banyak buah anggur ke salad buah.

10. Makanan berprotein rendah

Dokter menyarankan bahwa kombinasi sempurna termasuk apel dengan selai kacang, kerupuk gandum utuh dan keju, serta sereal dan susu bisa membuat anak tidur lebih lelap.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Kebiasaan yang Bikin Perut Buncit, Bahaya Lampu Menyala Saat Anak Tidur
Artikel Selanjutnya
Tidur dengan Lampu Menyala, Ini Bahaya yang Mengintai Anak-Anak