Sukses

12 Bahan Rumahan yang Efektif Redakan Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta Sakit gigi merupakan pengalaman yang menyakitkan dan sangat mengganggu.

Sakitnya yang berdenyut juga mempengaruhi area sekitar gigi seperti lubang telinga, rahang, dan kepala.

Walaupun seringkali hanya terjadi sementara, sakit gigi yang lebih serius berasal dari masalah yang tidak disadari sebelumnya.

Sakit gigi bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, namun umumnya yang menjadi penyebab adalah buruknya kebersihan gigi.

Berikut ini adalah 12 bahan alami yang cepat dan efektif untuk sakit gigi, yang bisa menghilangkan sakit yang sangat menyebalkan dan mengganggu tersebut, melansir laman Boldsky, Selasa (2/1/2018).

1. Minyak oregano

Minyak oregano diketahui memiliki sifat antibakteri dan anti virus yang kuat, yang membuatnya sangat efektif untuk menyembuhkan sakit gigi Anda. Sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi inflamasi dan mengurangi rasa sakit.

Minyak ini juga bisa membantu mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sakit gigi. Namun minyak ini memiliki rasa yang kuat, jadi disarankan untuk penggunaannya agar dicampurkan dengan minyak kelapa.

Campurkan dua tetes minyak oregano dengan satu sendok teh minyak kelapa lalu oleskan pada area yang sakit. Jangan lupa untuk memijatnya sementara. Gunakan dua kali dalam sehari untuk menghilangkan sakit gigi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 6 halaman

Ekstrak vanila dan bawang putih

2. Ekstrak vanila

Dianggap sebagai bahan alami yang mempunyai potensi untuk menyembuhkan sakit gigi, vanilla diketahui memiliki sifat menumpulkan rasa sakit karena mengandung sedikit konsentrat alkohol.

Vanila juga berperan sebagai antiseptic, yang bisa membunuh bakteri penyebab masalah. Rendam bola kapas dalam ekstrak vanilla, lalu tempatkan pada area gigi yang sakit sekitar 5 menit. Ulangi paling tidak dua kali dalam sehari.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, yaitu antibiotik yang sangat kuat. Kandungan allicin ini akan membunuh bakteri penyebab sakit pada gigi, meredakan inflamasi dan juga membuat sakit mereda secara instan.

Hancurkan satu siung bawang putih segar dan campurkan dengan sejumput garam batu. Letakkan pada gigi yang bermasalah. Lakukan hal ini sekali dalam sehari sampai sakitnya mereda.

2 dari 6 halaman

Teh celup dan lemon

4. Kantung teh celup

Apakah Anda tahu bahwa teh celup yang biasa Anda gunakan sehari-hari bisa meredakan sakit gigi?

Teh celup hangat bisa menumpulkan nyeri dan mengurangi inflamasi. Teh juga mempunyai sifat melegakan. Kandungan zat kimia alaminya dapat meredakan nyeri hampir secara instan.

Gunakan kantung teh celup yang sudah dihangatkan dan letakkan pada gigi yang sakit. Gigit yang kuat agar cairan hangat didalamnya bisa mengalir kedalam gigi.

5. Lemon

Lemon sangat kaya akan vitamin C dan bisa menguatkan gigi dan juga bisa menghindari pembentukan plak pada gigi.

Peras lemon sampai mengeluarkan sarinya yang bisa digunakan untuk memijat gigi yang sakit, untuk dua kali dalam sehari.

3 dari 6 halaman

Teh daun jambu dan minyak peppermint

6. Teh daun jambu

Daun jambu memiliki sifat analgesik, yang bisa membantu meredakan nyeri. Daun ini memiliki kandungan flavonoid yang mengurangi akitivitas bakteri dan juga inflamasi.

Rebuslah segenggam daun jambu lalu saringlah sarinya. Cuci mulut Anda dengan teh ini setiap hari hingga nyerinya mereda.

7. Minyak Peppermint

Minyak peppermint dikenal mengandung bahan aktif bernama mentol, yaitu antibakteri yang sangat kuat. Kandungan ini mampu melawan hampir semua bakteri. Dan juga diketahui dapat meningkatkan higienitas gigi.

Teteskan beberapa tetes minyak ini pada ujung jari Anda untuk memijat gigi yang sakit.

4 dari 6 halaman

Air garam dan hidrogen peroksida

8. Pencuci mulut berbahan alkohol

Alkohol memiliki kemampuan untuk menumpulkan rasa sakit dan memberikan rasa lega. Dan juga sangat efektif untuk membunuh bakteri. Namun jangan digunakan secara langsung pada luka atau nyeri.

Ada banyak pencuci mulut berbasis alkohol di pasaran, yang bisa meredakan nyeri Anda secara langsung.

9. Hidrogen peroksida

Bahan efektif lainnya yang digunakan pada pencuci mulut, hydrogen peroksida ini merupakan antibakteri yang sangat baik. Dapat membersihkan mulut dari segala residu ataupun plak.

Larutkan bahan ini dengan air dengan perbandingan 1:2 lalu cucilah mulut Anda dengan campuran ini setiap hari.

10. Berkumur dengan air garam

Garam merupakan bahan pembersih yang sangat baik, yang bisa menyingkirkan berbagai sisa makanan pada sela-sela gigi. Dapat juga mengurangi pembengkakan dan mengurangi resiko pengeroposan.

Campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat kuku pada sebuah cangkir. Berkumurlah dengan campuran ini selama beberapa saat sebelum membuangnya kembali. Lakukan hal ini paling tidak tiga kali dalam sehari.

5 dari 6 halaman

Es batu dan asafoetida

11. Es batu

Mengompres dengan es batu bisa meredakan rasa sakit. Ini juga solusi yang direkomendasikan oleh para dokter gigi, untuk berbagai macam masalah gigi.

Ambillah beberapa es batu lalu bungkus dengan saputangan bersih kemudian tempelkan pada area yang sakit atau membengkak.

12. Asafoetida

Asafoetida adalah antibakteri dan anti-iinflamasi dalam bentuk alami. Dapat mengurangi inflamasi pada gigi dan gusi, dan mengurangi pembengkakan.

Ambil sedikit asafoetida mentah dan aplikasikan langsung pada gusi. Lakukan setiap hari hingga nyeri mereda.

Artikel Selanjutnya
Khasiat Teh Hijau untuk Atasi Karies Gigi, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Minum Teh Hijau Setiap Hari, Badan Langsing Tanpa Bau Mulut