Sukses

Selain Terlalu Banyak Makan, Ini 7 Penyebab Lain Perut Kembung

Terlalu banyak makan memang bisa membuat perut kembung, tapi ada juga penyebab lain yang membuat perut terasa kembung.

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung membuat siapapun tidak nyaman. Terlalu banyak makan bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung.

Ini karena perut sebenarnya hanya seukuran kepalan tangan. Perut bisa meregang, yang kemudian bisa membuat Anda merasa kembung. Terlebih lagi ika Anda terlalu banyak makan makanan mengandung karbohidrat dan sarat dengan rasa asin.

Untuk menghindari perut kembung, berhentilah makan sebelum merasa kenyang. Tak hanya terlalu banyak makan saja, ada beberapa penyebab lain, yang membuat perut kembung, ditulis dari WebMD, Minggu (31/12/2017).

Garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius, seperti tekanan darah tinggi dan kembung.

Terlalu banyak karbohidrat

Karbohidrat memberikan bahan bakar tubuh. Tapi terlalu banyak karbohidrat bisa membuat perut kembung.

Contoh karbohidrat sederhana, yaitu roti putih, permen, kue kering, dan minuman ringan. Karbohidrat kompleks berupa biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Karbohidrat kompleks lebih baik untuk tubuh.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soda

Soda dan minuman lain seperti bir dan sampanye dipenuhi gas. Saat Anda meminumnya, soda bisa memenuhi sistem pencernaan. Anda mungkin bersendawa. Tapi soda tetap ada sampai soda mencapai usus.

Terlalu banyak soda yang penuh dengan gula bisa membuat perut terasa kembung.

Makan terlalu cepat

Semakin cepat Anda makan, semakin banyak udara yang ditelan. Udara akan masuk ke usus, yang bisa membuat Anda merasa kembung. Perlu waktu 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak kalau Anda kenyang.

Susu

Makanan seperti susu dan es krim dapat menyebabkan gas, sakit perut, dan kembung jika tubuh Anda tidak mudah mencerna gula susu, yang disebut laktosa. Kondisi ini biasanya tidak serius, tapi sebaiknya hindari produk susu.

3 dari 3 halaman

Menstruasi

Kondisi yang disebut sindrom pramenstruasi (PMS) dapat membuat beberapa wanita merasa lelah, pegal, dan mudah tersinggung sekitar seminggu sebelum menstruasi. Hal ini juga membuat perut merasa kembung.

Penyebabnya tidak jelas. Tapi hormon disinyalit menjadi penyebabnya. Ini bisa diatasi dengan berolahraga dan hindari garam, gula, dan karbohidrat sederhana.

Penyakit celiac

Penyakit ini terjadi saat tubuh merespons gluten--protein dalam gandum dan banyak makanan kemasan. Celiac menyerang lapisan usus.

Hal ini dapat menyebabkan diare, penurunan berat badan, nyeri di daerah perut, dan banyak gas, yang bisa membuat perut terasa kembung.

Celiac tidak ada obatnya. Tapi Anda bisa mengontrol bila Anda menjauhi makanan yang mengandung gluten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.