Sukses

Jonghyun SHINee Ngaku Hancur dan Depresi di Surat Terakhir

Liputan6.com, Seoul Anggota grup idola Korea Selatan, Kim Jong-hyun atau yang lebih dikenal sebagai Jonghyun SHINee mengembuskan napas terakhir Senin, 18 Desember lalu. Dia ditemukan tewas di apartemennya di kawasan elite Cheongdamdong, Seoul, Korea Selatan.

Pihak berwajib menyatakan penyebab kematian anggota grup idola itu adalah bunuh diri dengan menghirup gas karbon monoksida. Pihak keluarga pun mengatakan tak akan melakukan otopsi.

Dari surat yang ditulis Jonghyun untuk seorang sahabatnya, penyanyi Nine9 dari grup idola Dear Cloud, tesurat bahwa pria 27 tahun itu mengalami depresi berat. Pihak keluarga pun sepertinya telah mengetahui hal itu.

Dengan seizin pihak keluarga, Nine9 memutuskan untuk membagi surat terakhir Jonghyun ke publik. Dia mengunggahnya di Instagram. 

 

Saksikan juga video berkut ini: 

 

1 dari 3 halaman

Kepergian Jonghyun serasa mimpi

"Aku baru kembali dari mengucapkan selamat tinggal pada Jonghyun," tulis Nine9 dalam akun Instagramnya.

"Walaupun aku melihat potretnya tersenyum di pemakaman, aku masih merasa Jonghyun akan kembali dan tersenyum, seperti semua ini hanyalah mimpi. Baru-baru ini Jonghyun berbicara padaku mengenai pikiran-pikiran kelamnya. Seolah setiap hari yang dilalui sangatlah berat. Aku mulai merasa gelisah, sehingga kuputuskan berbicara pada keluarganya dan berusaha sebaik mungkin untuk menahannya, tapi akhirnya aku hanya menunda kejadian itu, aku tak bisa menghentikannya," tulis Nine9.

Wanita 33 tahun itu masih belum bisa percaya bahwa Jonghyun telah tiada.

"Bahkan hingga kini, hal ini masih membuatku takut karena aku tak yakin apakah unggahan ini benar. Tapi Jonghyun secara pribadi memintaku untuk mengunggahnya jika dia suatu saat nanti pergi dari dunia ini. Aku berharap hari ini tak pernah datang... tapi setelah berdiskusi dengan keluarganya serta memenuhi permintaan terakhirnya, aku unggah pesan terakhirnya," Nine9 menulis keterangan dalam unggahannya, seperti dikutip dari laman Metro, Rabu (20/12/2017).

2 dari 3 halaman

Surat terakhir Jonghyun

Begini bunyi sebagian isi surat Jonghyun yang dtujukan pada Nine9, mengutip laman Soompi.

"Di dalam, aku merasa hancur. Depresi ini perlahan menggerogoti hingga akhirnya menelanku habis. Aku tak mampu mengatasinya. Aku membenci diriku sendiri. Aku berusaha mengatasinya dengan bertahan pada kenangan dan berteriak pada diriku sendiri untuk sadar, tapi tak ada jawaban. Jika tak ada cara untuk meredakan napas yang semakin mencekik ini, lebih baik berhenti saja," tulis Jonghyun.

Dalam surat itu, Jonghyun mengatakan dia merasa kesepian. Dia merasa dirinya lah yang bertanggung jawab penuh atas hidupnya.

Seperti orang dengan depresi, Jonghyun pun merasa tak berdaya. Dia tak mampu mengubah kepedihannya menjadi kebahagiaan.

Tersirat pula bahwa Jonghyun merasa terbebani menjadi figur publik. Sulit baginya menjadi sorotan. Dia pun tak menduga bisa bertahan sejauh ini.

Artikel Selanjutnya
Kim Kardashian Khawatir Kanye West Kembali Alami Gangguan Mental?
Artikel Selanjutnya
Kenangan Buruk Song Hye Kyo, Dapat Ancaman Disiram Air Keras