Sukses

Agnez Mo Pernah Bikin Heboh Sebuah Jurnal Ilmiah di Afrika

Liputan6.com, Jakarta Nama besar Agnez Mo pernah digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk sebuah penelitian berskala dunia. Selain mantan artis cilik yang pada kejadian itu masih memakai nama panggung Agnes Monica, tercatut pula nama penyanyi dangdut Inul Daratista.

Informasi ini Liputan6.com dapat saat berbincang dengan Ahli Herbal dari Program Pascasarjana Herbal Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), Abdul Mun'im PhD, belum lama ini.

Topik perbincangan kala itu mengenai Kabar Bohong Mengenai Tanaman Herbal untuk Menyembuhkan Difteri, dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang kerap kali menelan mentah-mentah terkait pengobatan menggunakan bahan-bahan herbal.

Menurut Abdul Mun'im, di era informasi yang sangat terbuka dan mudah di akses kayak sekarang, tidak hanya masyarakat umum saja yang menjadi "korban" dari penjelasan-penjelasan ilmiah yang tak masuk akal, mahasiswa yang menjadi anak didik Abul Mun'im pun tidak sedikit pula yang melakukan hal serupa.

Sebab, sebuah penelitian yang sudah ada saja terkadang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab alias palsu.

"Memang, gara-gara masalah internet yang cepat sekali diakses ini, banyak yang jadi korban. Beberapa profesor juga pernah tertipu," kata dia.

"Saya ingat, dulu ada jurnal yang sangat bagus, tapi nama penulisnya adalah Agnes Monica (Agnez Mo) dan Inul Daratista. Dari situ saja, kita jadi harus lebih seletif dalam memilih jurnal-jurnal," kata Abul Mun'im menerangkan.

 

2 dari 2 halaman

Ada Nama Agnez Mo di Jurnal Ilmiah

Dari sejumlah sumber, kasus pencatutan nama Agnez Mo di dalam jurnal ilmiah ini terjadi pada 2012.

Nama Agnez Mo dan Inul Daratista terpampang di sebuah halaman jurnal ilmiah berjudul Mapping Indonesian Paddy Fields Using Multiple-temporal Satellite Imagery.

Namun, di depan nama penyanyi beda genre tersebut, ada pula nama Nono Lee yang tidak diketahui siapa orang itu.

Dan yang lebih anehnya lagi, di bawah judul dan nama Agnez Mo, tertulis sebuah institut dengan nama jalan yang jelas-jelas adalah bohong.

"Institute of Dangdut, Jalan Tersesat No 100, Jakarta 10000. Indonesia"

Jurnal ilmiah yang menggunakan nama Agnez Mo alias Agnes Monica ini konon dimuat di Jurnal Penelitian Pertanian Afrika volume 7 pada 24 Juli 2012.